Rabu 19 Jan 2022 22:05 WIB

5 Cara Turunkan Berat Badan tanpa Ngegym

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara sederhana.
Foto: www.freepik.com
Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara sederhana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki berat badan ideal dan tidak obesitas menjadi impian banyak orang. Ketika berbicara tentang penurunan berat badan, seseorang mungkin merasa bahwa itu akan membutuhkan banyak kerja keras. Baik itu menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk membakar kalori maksimum, hingga mengikuti diet ketat yang cukup menyiksa.

Padahal, jika seseorang menurunkan berat badan berbasis ilmu pengetahuan, maka mencapainya bisa menjadi lebih mudah. Bagaimana caranya? Berikut lima cara sederhana yang akan membantu Anda menurunkan berat badan seperti dilansir dari Times Now News, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga

1. Sarapan dua jam setelah bangun tidur

Orang mungkin berpikir bahwa melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk menghindari asupan kalori berlebih di siang hari. Namun, melakukan ini malah dapat mengakibatkan akumulasi lemak saat tubuh masuk ke mode lapar, dan menyimpan kalori ekstra sebagai lemak alih-alih membakarnya untuk energi.

 

2. Makan lebih banyak apel

Apel merupakan sumber serat, vitamin C, dan antioksidan yang baik. Di satu sisi, di mana orang merasa bahwa apel adalah cara yang bagus untuk menghindari risiko penyakit kronis, buah serbaguna ini juga dapat bekerja sangat baik dalam mendukung tujuan penurunan berat badan.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti camilan tidak sehat dan makanan sebelum berolahraga dengan satu porsi buah ini. Mencamil apel bisa menginduksi rasa kenyang, membunuh rasa lapar, dan membuat tubuh tetap sehat.

 

3. Minum banyak air putih

Hidrasi adalah kunci kesehatan dan para ahli telah mengulangi hal itu untuk waktu yang lama. Namun, sedikit yang kita sadari bagaimana minuman ini bisa mendukung penurunan berat badan. Minum delapan gelas air setiap hari dikaitkan dengan kesehatan kulit dan metabolisme yang lebih baik.

Cobalah memeras lemon dan menambahkan setengah sendok teh madu ke dalam segelas air hangat dan meminumnya saat perut kosong setiap pagi untuk mempercepat metabolisme. Selain itu, minum segelas air tepat sebelum makan. Cara ini akan membantu Anda kenyang lebih cepat sehingga menurunkan asupan kalori.

 

4. Beralih ke piring yang lebih kecil

Baik itu makan berat atau mencamil, beralih ke piring yang lebih kecil bisa efektif dari sudut pandang psikologis. Cara ini akan menipu otak untuk berpikir bahwa Anda telah makan lebih banyak dari biasanya. Seiring waktu, trik ini menyebabkan penurunan berat badan yang tidak disengaja.

 

5. Komit pada diet berkelanjutan

Banyak kasus dimana seseorang yang berhasil menurunkan berat badan kembali menimbun lemak lagi. Salah satu alasan adalah mode diet yang tidak berkelanjutan. Oleh karena itu, para ahli memperingatkan agar tidak menghilangkan kelompok makanan, zat gizi makro yang sebenarnya merupakan bagian dari setiap diet seimbang. Tetaplah berpegang pada rutinitas seperti diet Mediterania yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement