Ahad 14 Mar 2021 21:52 WIB

Robert Downey Jr Masuk Nominasi Aktor Terburuk

Robert Downey Jr masuk dalam nominasi aktor terburuk Golden Raspberry Awards.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Robert Downey Jr masuk dalam nominasi aktor terburuk Golden Raspberry Awards.
Foto: AP
Robert Downey Jr masuk dalam nominasi aktor terburuk Golden Raspberry Awards.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Razzie Awards atau dikenal juga sebagai Golden Raspberry Awards, memberikan penghargaan untuk Film, Aktris dan Aktor terburuk tahun ini. Beberapa film, aktris dan aktor masuk dalam  kategori tersebut, salah satunya ada Anne Hathaway dan Robert Downey Jr yang masuk ke dalam nominasi akting terburuk.

Dilansir dari BBC, Ahad (14/3) remake film Dr Dolittle karya Robert Downey Jr diulas secara krisis. Downey Jr harus bersiap untuk mendapatkan penghargaan "aktor terburuk" dan "kombo layar terburuk" berkat aksen Welsh-nya yang tidak meyakinkan dalam film tersebut.

Baca Juga

Dalam beberapa kritik, salah satunya berasal dari kritikus film BBC, Mark Kermode, akting dari pemeran Dolittle dinilai sangat menyedihkan. The Irish Times juga menilai film ini sebagai titik terburuk dalam karir setiap orang yang terlibat.

Sementara itu, adapun yang masuk ke dalam nominasi aktris terburuk yaitu Anne Hathaway. Ia dinominasikan untuk dua peran. Pertama, perannya sebagai jurnalis Elena McMahon di film Netflix yang dianggap gagal, The Last Thing He Wanted. Kedua, penampilannya sebagai Grand High Witch dalam The Witches, karya Roald Dhal.

Lalu, The Witches dikritik oleh aktivis disabilitas karena penggambaran perbedaan anggota badan dan menampilkan karakter jahat yang memiliki kelainan tangan dan kaki yang berbeda. 

Selain itu, film thriller erotis Polandia, 365 Days, masuk ke dalam salah satu film yang mendapatkan rekomendasi terbanyak hingga enam Razzies. Film ini menimbulkan kontroversi dan mendorong kampanye agar segera dihapus dari penyedia layanan streaming, Netflix. 

Hal menariknya, Anggota pemerintahan Trump pun tidak lepas dari nominasi ini, seiring dengan pengacara mantan presiden AS, Rudy Giuliani, yang mendapatkan dua sebutan untuk penampilannya di Borat Subsequent Moviefilm.

Masih ada beberapa kejutan lainnya, dalam daftar nominasi Razzies. Diantaranya, Glenn Close yang bersiap untuk menjadi aktris pendukung terburuk dalam Hillbilly Elegy, sebuah film yang menarik ulasan buruk dari para kritikus. Tapi uniknya, veteran Hollywood ini juga memiliki peluang untuk menerima nominasi sebagai aktris pendukung terbaik pada penghargaan Oscar untuk peran yang sama.

Jika ini terjadi, maka ini merupakan yang ketiga kalinya dalam sejarah, seorang aktor atau artis dinominasikan untuk Oscar dan Razzie untuk peran yang sama, setelah James Coco dan Amy Irving.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement