Kamis 11 Mar 2021 03:49 WIB

Bisakah Hidup Sehat Kurangi Risiko Terkena Covid-19?

Kita melakukan yang terbaik untuk menjaga diri kita dan orang lain agar tetap aman

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nur Aini
Olahraga di rumah (ilustrasi).
Foto:

Konsumsi alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan.Dengan pemikiran ini, mengurangi minuman keras dapat membuat kita tidak terlalu rentan terhadap penyakit, termasuk Covid-19. 

"Secara umum, meminum alkohol memiliki efek merusak pada sistem kekebalan, membuat kita lebih rentan terhadap penyakit menular. Penggunaan alkohol secara berlebihan juga meningkatkan risiko sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), yang merupakan salah satu komplikasi paling parah dari virus,” jelas Dr Heicappell.

Selain itu, alkohol dapat meningkatkan perilaku pengambilan risiko kita atau mempengaruhi kepatuhan kita pada tindakan jarak sosial. Alkohol dapat mengubah kemampuan untuk membuat keputusan dan perilaku, membuat kita cenderung tidak mengingat pedoman jarak sosial dan tindakan pencegahan lainnya.

Berolahraga

Banyak dari kita telah terbiasa berjalan-jalan atau jogging setiap hari selama masa karantina. Dan juga kita pun terbiasa mengambil waktu istirahat dengan berjemur cahaya matahari untuk mendapatkan vitamin D. Olahraga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap baik. 

"Melakukan olahraga teratur meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatur sistem kekebalan Anda. Ini membantu Anda menghindari gejala yang lebih parah dari virus, seperti sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS),” jelas Dr Heicappell.

Bonus lain dari tetap aktif adalah, kita dapat membantu mekanisme pertahanan tubuh. Yaitu dengan mengurangi peradangan, meningkatkan sel kekebalan bawaan, dan meningkatkan kesehatan usus

Memiliki Pikiran yang Sehat

Selain menjaga tubuh kita sesehat mungkin, penting juga untuk memperhatikan kesehatan mental kita. Merasa rendah mungkin tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan kita secara keseluruhan, tetapi juga menurunkan motivasi kita dalam membuat pilihan yang sehat.

Mereka yang khawatir tentang kesehatan mental mereka atau tentang teman atau anggota keluarga, harus berbicara dengan dokter umum mereka, untuk mendapatkan nasihat dan mengakses dukungan kesehatan mental yang sesuai.

Meskipun saat ini kita merasa baik-baik saja, di saat berita terkadang tampak suram, ada baiknya kita memperhatikan kesehatan mental kita. "Kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Oleh karena itu, tentukan sendiri rutinitas yang baik, luangkan waktu dari saluran berita dan media sosial untuk mencegah kecemasan, dan sisihkan waktu untuk Anda dan orang yang Anda cintai," kata Dr Heicappell.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement