Selasa 09 Mar 2021 12:33 WIB

Survei Catat 63 Persen Penyintas Indonesia Alami Long Covid

Dampak long covid-19 yang dirasakan penyintas tak sekadar fisik.

Ilustrasi Covid-19
Foto:

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan

Para pakar kesehatan setuju jika 'long COVID' di Indonesia merupakan masalah baru yang harus menjadi perhatian dan ditangani dari berbagai aspek disertai studi lanjutan. Namun, dr Agus merasa cukup optimistis saat ditanyai tentang kemungkinan pasien yang masih mengalami 'long COVID' bisa kembali normal.

"Ada satu kasus pasien yang memiliki nilai fungsi paru sekitar 48 persen setelah dinyatakan sembuh dari infeksi COVID-19, saat itu kondisinya susah berjalan dan susah bicara karena terengah-engah," ujarnya.

"Tapi setelah menjalani pengobatan selama dua bulan, city scan dan spirometri menunjukkan nilai kapasitas parunya bisa mencapai 78,9 persen, mendekati nilai normal 80 persen."

"Saya enggak jamin total, tapi saya punya record seperti itu. Dan menurut penelitian lain, sekitar 20 persen tidak bisa dikembalikan kondisinya sementara 80 persen lainnya bisa. Tapi sayangnya memang kita belum punya data di Indonesia."

sumber: https://www.abc.net.au/indonesian/2021-03-09/dampak-jangka-panjang-setelah-sembuh-covid-19-di-indonesia/13216078

sumber : ABC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement