Selasa 02 Mar 2021 18:23 WIB

Porsi Ideal Konsumsi Buah dan Sayur Demi Panjang Umur

Konsumsi buah dan sayur setiap hari sudah sejak lama dianjurkan demi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sayur dan buah makanan yang Sehat (ilustrasi).
Foto:

Dr Wang mengatakan, saat ini konsumsi lima porsi buah dan sayur sudah banyak direkomendasikan oleh badan-badan kesehatan, seperti American Heart Association. Akan tetapi, sebagian orang mungkin masih bingung mengenai jenis buah dan sayur yang perlu dipilih atau dihindari.

"Konsumen kemungkinan mendapatkan pesan yang inkonsisten mengenai apa yang disebut sebagai asupan harian optimal dari buah dan sayuran," jelas Dr Wang, seperti dilansir Mail Online.

Tim peneliti mengatakan konsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus tampak tidak berdampak pada harapan hidup yang lebih baik. Hal yang sama juga berlaku untuk sayuran yang mengandung zat tepung.

Konsumsi buah atau sayur kalengan juga tidak direkomendasikan. Alasannya, proses pengalengan dinilai dapat menurunkan aktivitas antioksidan alami.

Antioksidan bisa didapatkan dari buah-buah berry, buah yang kaya akan serat, serta sayuran silangan seperti brokoli. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meski tampak sederhana, masih banyak orang yang belum mengonsumsi lima prosi sayur dan buah setiap hari. Oleh karena itu, penting untuk mulai membiasakan konsumsi sayur dan buah untuk hidup yang lebih sehat dan harapan hidup yang lebih panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement