Senin 01 Mar 2021 05:40 WIB

9 Tanda Anda Mungkin Pernah Terkena Covid-19 tanpa Sadar

Covid-19 bisa memunculkan gejala yang beragam pada tiap penderitanya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Covid-19 bisa memunculkan gejala yang beragam pada tiap penderitanya.
Foto:

Kecemasan atau Depresi

Kecemasan atau depresi juga mungkin teradi pada orang-orang dengan PASC. Kondisi ini bahkan bisa dialami oleh orang-orang yang mengalami gejala ringan Covid-19.

 

Brain Fog

Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang sulit berkonsentrasi dan fokus. Gejala ini mungkin dirasakan pada orang-orang yang mengalami gejala sisa Covid-19, khususnya pada kelompok usia tua.

Ahli patologi dari Johns Hopkins Medicine di Baltimore dan Brigham serta Women’s Hospital di Boston menemukan bahwa sel sumsum tulang besar yang dikenal sebagai megakariosit bertanggung jawab terhadap terjadinya brain fog ini. Ahli patologi menilai megakariosit ini bermigrasi ke otak karena dipicu oleh aktivitas SARS-CoV-2 yang merusak.

 

Ragam Gejala

Pasien-pasien Covid-19 melaporkan hingga 98 gejala yang berbeda. Dr Fauci mengatakan saat ini para ahli dari berbagai keahlian sedang mencari tahu lebih jauh tentang keragaman gejala ini.

 

Bila Curiga Mengalami PASC

PASC bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang-orang yang berusia muda dan sehat. Bila merasakan gejala-gejala terkait PASC ini, sebaiknya segera hubungi tenaga kesehatan profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement