Kamis 25 Feb 2021 13:15 WIB

Asupan Biji-bijian Olahan Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Ahli sarankan asupan biji-bijian nonolahan atau nasi putih tak lebih dari 350 gram

Rep: Puti Almas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Makanan dari biji-bijian. Ahli sarankan asupan biji-bijian nonolahan atau nasi putih tak lebih dari 350 gram untuk jaga kesehatan jantung
Foto:

Perlu diketahui, ada tiga kategori dari biji-bijian, yaitu : 

1. Biji-bijian olahan : Tepung putih berserat rendah, ditambah makanan yang terbuat dari tepung, termasuk roti, mie, sereal, dan makanan penutup.

2. Biji-bijian utuh: Gandum yang tidak diolah, gandum hitam, oat, barley, jagung, millet, sorgum, jagung, dan soba.

3. Nasi putih: Varietas berbiji panjang dan pendek.

Dari studi yang dilakukan dengan menganalisis kebiasaan makan dan kesehatan selama periode waktu penelitian, ditemukan bahwa Cina memiliki asupan biji-bijian olahan tertinggi, dibandingkan dengan wilayah lain. Sementara itu, asupan nasi putih paling tinggi terdapat di Asia Selatan, termasuk India, kemudian asupan biji-bijian tertinggi di Afrika.

Orang yang makan biji-bijian olahan dalam jumlah tinggi, yaitu lebih dari 350 gram per hari memiliki risiko kematian total akibat masalah kardiovaskular dan stroke yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang makan biji-bijian olahan kurang dari 50 gram per hari.

Belum ada hubungan signifikan yang ditemukan antara biji-bijian atau nasi putih dengan masalah kardiovaskular. Namun, perlu dicatat bahwa studi hanya menunjukkan keterkaitan dan tidak dirancang menunjukkan sebab akibat. 

Biji-bijian yang dilucuti dari lapisan dedaknya dalam proses pemurnian, mereka kehilangan serat, vitamin, mineral, dan asam lemak esensial.

Konsekuensi dari proses pemurnian adalah biji-bijian olahan dengan cepat dipecah oleh enzim pencernaan, yang mengarah pada penyerapan yang cepat dari usus kecil dan peningkatan kadar gula darah setelah makan. Ini telah dikaitkan dengan diabetes tipe 2 dan kesehatan jantung yang buruk.

Studi berhasil menekankan bahwa jumlah biji-bijian utuh dibanding olahan membuat perbedaan bagi kesehatan. Hasil buruk pada kesehatan jantung terlihat dengan sekitar 350 gram biji-bijian olahan per hari, namun tidak pada jumlah konsumsi yang lebih rendah.

 

Karena itu, cobalah untuk mengganti biji-bijian olahan dengan opsi biji-bijian utuh. Anda dapat memilih oat, gandum utuh, atau gandum hitam daripada roti putih biasa dan sereal sarapan olahan untuk dikonsumsi. Jika Anda menyukai nasi putih, konsumsi dalam jumlah sedang atau tidak lebih dari 350 gram per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement