Jumat 19 Feb 2021 06:05 WIB

Studi: Konsumsi Kafein Teratur Pengaruhi Struktur Otak

Asupan kafein secara teratur dalam mengubah materi abu-abu otak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Asupan kafein secara teratur dalam mengubah materi abu-abu otak.

Untuk sampai pada simpulan ini para peneliti menelaah 20 orang muda yang sehat, semuanya secara teratur minum kopi setiap hari. Para peserta diteliti selama dua periode, masing-masing periode 10 hari. Selama satu periode, peserta harus minum tablet dengan kafein, juga di sisi lain peserta diberikan tablet tanpa bahan aktif (plasebo). Mereka diminta untuk tidak mengonsumsi kafein lain selama waktu ini.

Pada akhir setiap periode 10 hari, para peneliti memeriksa volume materi abu-abu peserta melalui pemindaian otak. Peneliti juga menyelidiki kualitas tidur partisipan di laboratorium tidur dengan merekam aktivitas listrik otak (EEG).

Perbandingan data mengungkapkan bahwa durasi tidur partisipan sama, terlepas dari apakah mereka telah mengonsumsi kafein atau kapsul plasebo. Tetapi mereka melihat perbedaan yang signifikan pada materi abu-abu, tergantung pada apakah subjek telah menerima kafein atau plasebo. Setelah 10 hari mengonsumsi placebo, volume materi abu-abu lebih besar daripada setelah periode waktu yang sama dengan kapsul kafein.

Meskipun kafein tampaknya mengurangi volume materi abu-abu, setelah hanya 10 hari berhenti minum kopi, kafein telah beregenerasi secara signifikan pada subjek uji.

"Perubahan morfologi otak tampaknya hanya sementara, tetapi perbandingan sistematis antara peminum kopi dan mereka yang biasanya mengonsumsi sedikit atau tanpa kafein sejauh ini masih kurang," kata Reichert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement