Kamis 18 Feb 2021 20:15 WIB

Tanda Anda Perlu Lakukan Tes Covid-19

31 persen orang yang menderita Covid-19 tidak memiliki gejala umum pada tahap awal

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19
Foto:

Dari sana, para ilmuwan menemukan bahwa pengujian dengan salah satu tiga gejala klasik akan menemukan 69 persen kasus Covid-19 bergejala, dengan 46 orang dites negatif. Mereka menilai bahwa dengan memperpanjang daftar gejala menjadi kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan dan diare dalam tiga hari pertama akan mendeteksi 96 persen kasus, dengan 95 tes negatif untuk setiap tes positif.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa 31 persen orang yang menderita Covid-19 tidak memiliki gejala umum pada tahap awal penyakit. Tim mengatakan temuan mereka juga dapat digunakan dalam uji klinis untuk menilai keefektifan vaksin Covid-19 yang potensial.

“Diagnosis akurat kasus Covid-19  sangat penting saat menilai kemanjuran kandidat vaksin dalam penelitian skala besar, terutama karena tanda dan gejala yang terkait dengan penyakit tersebut ekstensif dan tumpang tindih dengan infeksi virus umum lainnya,” jelas Jakob Cramer, kepala pengembangan klinis di Cepi.

Lebih lanjut, Cramer mengatakan temuan penelitian ini memberikan wawasan penting yang akan membantu mengoptimalkan pilihan gejala pemicu untuk pemeriksaan diagnostik dalam uji coba efikasi vaksin Covid-19. Siapapun yang mengalami gejala utama, suhu tinggi, batuk terus menerus baru, atau kehilangan atau perubahan indra penciuman atau perasa harus melakukan tes segera dan mengisolasi diri bersama dengan orang-orang yang ada dalam satu rumah atau kediaman mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement