Kamis 18 Feb 2021 13:20 WIB

Kesalahan Saat Mandi yang Bisa Merusak Rambut

Mulai sekarang sebaiknya gunakan handuk berbeda untuk rambut dan tubuh.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kesalahan saat mandi berikut ini bisa merusak rambut (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kesalahan saat mandi berikut ini bisa merusak rambut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pernahkah Anda mengalami rambut rontok? Para ahli yakin, kebiasaan mandi yang keliru bisa menjadi salah satu penyebab masalah itu.

Pendiri Klinik Estetika Yavana, dr Madhuri Agarwal, mengatakan jika ingin memulai hari dengan memberikan hal positif untuk kulit dan rambut, hindari kekeliruan saat mandi berikut ini, seperti dilansir di laman Vogue, Kamis (18/2):

1. Menggunakan air sangat panas

Penata rambut artis Bollywood Deepika Padukone, Florian Hurel, merekomendasikan penggunaan air dingin untuk membilas rambut. Dr Agarwal menjelaskan menggunakan air panas untuk keramas rambut dapat memengaruhi keseimbangan pH kulit kepala, yang selanjutnya menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut. Jika bukan penggemar air dingin, dia menyarankan untuk mencuci rambut dengan air hangat.

 

2. Menggosok rambut secara kasar

Setelah membaca label sampo, Anda mungkin tergoda mengoleskan formula secukupnya untuk memanfaatkan bahan aktif secara maksimal. Namun, dr Agarwal mengatakan, menggosok rambut dengan kuat saat keramas dapat menyebabkan kerusakan rambut, sekaligus membuat kulit kepala sensitif. Sebaliknya, pijat sampo dengan ujung jari Anda dengan memberikan tekanan ringan dan kemudian bilas.

3. Melewatkan kondisioner

Masih banyak orang menyepelekan manfaat kondisioner. Jika Anda meluangkan lima menit ekstra untuk kondisioner, Anda bisa merasakan manfaat lebih yaitu berkurangnya rambut rontok.

Ahli kulit yang berbasis di Mumbai itu menyebut, melewatkan kondisioner setelah keramas dapat menyebabkan rambut lebih kering. Akibatnya, lebih banyak kerusakan. Sangat penting mengondisikan rambut dengan formula yang sesuai untuk jenis rambut.

4. Menggunakan handuk badan untuk rambut

Saat terburu-buru, Anda mungkin melewatkan untuk mengeringkan rambut dengan handuk terpisah. Padahal itu memiliki manfaat tersendiri. Mengeringkan rambut dengan handuk yang sama untuk tubuh tidak disarankan karena serat dapat memperburuk kerusakan rambut. Gunakan handuk serat mikro untuk memeras air dari rambut.

5. Jarang mencuci rambut

Setiap jenis rambut memerlukan perawatan yang berbeda. Jika Anda mengalami rambut rontok yang semakin parah, ada baiknya memeriksa kembali jadwal keramas.

Penata rambut selebritas, Rod Anker, menginformasikan, sering-sering mencuci rambut tidak masalah karena dapat menjaga kulit kepala tetap sehat. Keringat yang tertinggal di kulit kepala bisa menyebabkan lebih banyak rambut rontok. Pastikan menggunakan sampo bebas sulfat untuk hasil optimal.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement