Kamis 18 Feb 2021 07:16 WIB

Mikha Angelo Rasakan Beban Saat Solo Karier

Mikha Angelo kini lebih berhati-hati ketika menulis lagu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Mikha Angelo.
Foto: Wonderland Records.
Penyanyi Mikha Angelo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memutuskan untuk bersolo karier, rupanya tak selalu berjalan sesuai harapan. Hal ini dirasakan penyanyi muda berbakat, Mikha Angelo yang merasa memiliki beban ketika membawa kehidupan personalnya ke dalam lagu-lagu yang kini menjadi sebuah album mini (EP).

Beban itu muncul lantaran dirinya merasa punya tanggung jawab untuk menjadi sosok sangat baik, melalui lirik-lirik lagunya. Sebelumnya, dia menulis lagu berdasarkan kisah dan pengalaman orang-orang sekitarnya sehingga ketika menulis lagu bisa membayangkan satu karakter yang sempurna.

"Kalau sekarang menulis lagu dan segalanya di lagu itu adalah sosok yang sempurna, aduh, saya merasa kok tidak seperti itu. Saya masih merasa belum pantas, jadi lebih susah, walaupun hasilnya lebih puas karena jadi bisa mempertanyakan diri sendiri dan belajar," ujar Mikha dalam konferensi pers virtual EP Lover, Rabu (17/2).

Selain rasa tanggung jawab, dia lebih berhati-hati menulis lagu dan tidak sembarangan. Seperti salah satu lagunya berjudul "Anything" yang merepresentasikan cinta yang sedang dia jalani. Lagu ini berisi harapan agar dia bisa menjadi seseorang seperti dalam isi lagunya.

"Ini seperti hal pertama yang saya bilang ke diri saya sendiri. Kalau saya benar-benar menemukan pasangan yang cocok, harus benar-benar mencintai dia, dan melewati rintangan apapun ke depannya. Itu prinsip saya," ujar vokalis The Overtunes itu.

Meski ada beban itu, tapi dia puas karena semuanya dilakukan sendiri. Mulai dari instrumen hingga produser karena memang semuanya sudah ada dalam bayangan Mikha. Meskipun bersolo karier menjadi agak sulit karena dia tidak bisa mendapat opini kedua.

Meski begitu, lewat proyek album mini solo ini bisa membuat Mikha mengeksplorasi segala hal dari pikirannya sendiri, lalu bisa bahas hal yang lebih personal. "Sampai sekarang sih menyenangkan banget," kata dia.

Mikha memulai karier sebagai penyanyi solo sejak 2020, dengan meluncurkan tiga single pertamanya berjudul "Shot" (20 Maret), "Run" (12 Juni), dan "Middle Ground" (14 Agustus). Kemudian dia merilis album solo pertamanya yang berjudul Amateur pada 28 Agustus 2020, yang dilanjutkan dengan konser virtual "Amateur: Stage One" pada 29 November 2020 yang disiarkan melalui Youtube. Konser tersebut menerima sambutan hangat dari publik dengan lebih dari 3000 penonton.

Mikha kembali lagi pada tahun ini bersama labelnya Wonderland Records dengan mengeluarkan album mini berjudul LOVER pada 12 Februari 2021, dengan dua track "Anything" dan "Into You", diikuti dengan dua track selanjutnya yang akan dirilis pada 26 Februari 2021. Album mini ini dibungkus dengan tema cinta.

Pada album sebelumnya, Amateur, menceritakan tentang perjalanan Mikha dalam hidupnya sebagai seorang amatir yang masih baru memulai dan masih banyak belajar. Namun pada mini album LOVER, Mikha berbagi kisah mengenai babak baru dalam hidupnya, di mana ia belajar mengenai hal baru, yaitu cinta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement