Ahad 14 Feb 2021 06:24 WIB

5 Merek Soda Populer yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Minuman soda ini berdampak buruk apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Minuman soda ini berdampak buruk apabila dikonsumsi secara berlebihan.
Foto:

Studi lain yang dilakukan peneliti Harvard University dan Columbia University mengungkapkan bahwa penggunaan Yellow 5 dapat mendorong hiperaktivitas pada anak-anak. Oleh karena itu, peneliti menganjurkan agar pewarna buatan tidak dimasukkan ke dalam pola makan anak-anak dengan ADHD.

Mesi FDA dan peneliti ternama menemukan bahwa Yellow 5 tidak menyebabkan masalah langsung terhadap kesehatan, konsumsi pewarna makanan sebaiknya dibatasi. Alasannya, beberapa penelitian mengindikasikan bahwa pewarna tersebut dapat membahayakan sel-sel tertentu seiring waktu.

Surge Citrus Flavored Soda

Meski memiliki ukuran kemasan yang cenderung kecil, yaitu 16 ons, minuman Surge Citrus Flavored Soda mengandung 55 gram gula tambahan. Menurut studi yang dilakukan selama 15 tahun dalam JAMA Internal Medicine, konsumsi gula tambahan sebesar 25 persen atau lebih dari total kalori yang dikonsumsi dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung lebih dari dua kali lipat dibandingkan konsumsi gula tambahan kurang dari 10 persen per hari.

Kandungan gula tambahan dalam minuman ini tentu sudah melebihi anjuran konsumsi gula tambahan per hari untuk laki-laki dan perempuan. Bila dikonsumsi setiap hari, dampaknya tentu tidak baik bagi kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement