Kamis 11 Feb 2021 00:05 WIB

13 Jenis Makanan yang Bantu Tidur Nyenyak

Sejumlah makanan mengandung nutrisi yang memicu produksi hormon tidur melatonin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Sejumlah makanan mengandung nutrisi yang memicu produksi hormon tidur melatonin.
Foto:

8. Oatmeal

Biasanya oatmeal disantap saat sarapan, tetapi jika ingin tidur lebih lelap cobalah memakan semangkuk oatmeal setelah hari gelap. Biji-bijian utuh dalam oatmeal memicu produksi insulin dan meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga lekas mengantuk.

9. Kacang almond

Makan segenggam kacang almond atau roti dengan selai almond setiap hari bisa membantu menghadirkan rasa kantuk. Almond mengandung triptofan dan magnesium sehingga menenangkan saraf serta otot, juga membuat ritme jantung lebih stabil.

10. Buah ceri

Cara tepat memperbaiki kualitas tidur di malam hari adalah menambah asupan melatonin. Pakar nutrisi merekomendasikan buah ceri sebagai sumber alami melatonin. Jika disantap secara teratur, khasiatnya adalah mengatur siklus tidur menjadi lebih baik.

11. Cokelat hitam

Tidak ada larangan makan cokelat sepanjang hari, entah siang atau malam, asal memilih varian cokelat hitam yang sehat. Makanan ini punya berbagai khasiat untuk kesehatan dan kaya serotonin, yang bisa membuat tubuh dan pikiran jadi rileks.

12. Pisang

Kandungan magnesium dan kalium dalam pisang membantu merelaksasi saraf dan otot. Vitamin B6 yang merupakan nutrisi dalam pisang juga menhonversi triptofan menjadi serotonin, membantu menenangkan pikiran sehingga bisa tidur lebih nyenyak.

13. Hummus

Selai yang terbuat dari kacang Arab ini adalah sumber makanan lain yang kaya triptofan. Jika terbangun tengah malam, disarankan menyantap hidangan ini untuk memberikan asupan kalori bagi tubuh, dikutip dari laman Red Book Mag, Rabu (10/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement