Kamis 11 Feb 2021 00:05 WIB

13 Jenis Makanan yang Bantu Tidur Nyenyak

Sejumlah makanan mengandung nutrisi yang memicu produksi hormon tidur melatonin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Sejumlah makanan mengandung nutrisi yang memicu produksi hormon tidur melatonin.
Foto:

3. Ubi panggang

Jangan sepelekan ubi, yang merupakan sumber baik untuk kalium, magnesium, dan kalsium yang semuanya bisa membantu tubuh agar rileks. Sebagai variasi, ubi bisa dikonsumsi bersama madu, sejumput garam laut, atau satu sendok makan selai kacang.

4. Kacang pistachio

Pistachios membantu tidur nyenyak berkat kandungan protein, vitamin B6, dan magnesium. Akan tetapi, saat mengonsumsinya jangan melebihi porsi satu ons. Apapun yang berlebihan dan tinggi kalori justru memberikan dampak sebaliknya sehingga makin sulit tidur.

5. Buah kering

Buah kering seperti plum yang dikeringkan sangat baik karena kaya vitamin B6, kalsium, dan magnesium yang merangsang hormon melatonin. Santap buah kering dengan roti gandum, atau bisa langsung dimakan sekitar 30 menit sebelum tidur.

6. Keju string

Kudapan yang terbuat dari keju mozzarella ini bisa meredakan gangguan perut, memasok protein dalam jumlah besar, serta membantu tidur lebih nyenyak. Pilihan camilan yang pas untuk anak-anak saat sukar tidur. Menyantapnya lebih lezat dengan biskuit gandum.

7. Teh herbal

Tidak mengejutkan jika teh herbal bermanfaat menerbitkan kantuk. Salah satu jenis yang disarankan adalah teh kamomil karena bisa menenangkan saraf jelang waktu tidur. Teh jahe punya manfaat sama, selain menghidrasi tubuh dan menguatkan perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement