Selasa 02 Feb 2021 15:49 WIB

Kenali Berbagai Gejala Penyakit di Musim Hujan dan Banjir

Sejumlah penyakit mengintai selama musim hujan seperti demam berdarah dan tifoid.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Mengenali berbagai penyakit yang kerap muncul saat musim hujan dan banjir akan membuat seseorang lebih waspada sehingga terhindar darinya. Masyarakat juga perlu memahami gejala yang mengiringi penyakit tersebut.
Foto:

Masyarakat sering menyebut demam tifoid sebagai penyakit tipes. Penularan penyakit ini melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh kuman salmonella typhi. Gejalanya termasuk demam yang berlangsung selama berhari-hari.

Demam bisa mencapai lebih dari dua pekan yang muncul pada sore hari, disertai sakit kepala serta gangguan pencernaan seperti diare, sakit perut, dan pendarahan saluran cerna. Bila tidak segera diobati, demam tifoid bisa memicu gangguan lain.

Beberapa dampaknya termasuk kebocoran usus dan peritonitis atau peradangan pada lapisan tipis pada dinding perut. Bisa juga terjadi sepsis (infeksi akibat sistem kekebalan tubuh yang tidak terkendali), radang otak, pneumonia, dan kematian.

Leptospirosis adalah penyakit yang dibawa oleh hewan pengerat, anjing, sapi, kuda, serta kelelawar. Penyakit ini ditularkan melalui kencing hewan-hewan tersebut yang ada di genangan air dan masuk melalui luka terbuka di kulit.

 

"Dapat menyebabkan keluhan demam tinggi, otot-otot terutama betis yang nyeri dan pegal, serta mata merah yang khas. Penyakit ini sering menyebabkan gagal organ bila tidak segera diterapi dan dapat menyebabkan kematian," ucap Alex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement