Sabtu 23 Jan 2021 07:45 WIB

Kena 'Long Covid', Berapa Lama Gejalanya Sirna?

Fenomena 'long Covid' dialami oleh sebagian penyintas Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Alyssa MIlano masih belum sembuh sepenuhnya setelah kena Covid-19. Ia termasuk penyintas yang mengalami long Covid.
Foto:

Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat terkait seriusnya ancaman infeksi virus corona. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro menyebutkan, ada potensi munculnya fenomena "long Covid" atau efek jangka panjang yang akan dirasakan pasien meski sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Para ahli juga khawatir dampak panjang Covid-19 di dalam tubuh orang yang tertular. Meski sembuh, namun dampak kesehatan pada penderita bisa bertahan lama. Kondisi 'long Covid-19', suatu gejala yang masih dialami peyintas, seperti gejala seperti saat terinfeksi Covid-19," kata Reisa dalam keterangan pers, Jumat (11/12).

Istilah "long Covid" ini semakin populer setelah ada hasil penelitian mengenai post-Covid syndrome. Kondisi itu menggambarkan adanya kondisi atau gejala yang muncul pada pasien yang sembuh dari Covid-19.Gejala bisa dialami selama berminggu-minggu atau bulan. Beberapa gejala yang dilaporkan, antara lain kelelahan kronis, sesak napas, jantung berdebar, nyeri sendi, nyeri otot, bahkan depresi.

"Ada fenomena yang disebut 'long Covid'. Kita berharap vaksin dapat menurunkan kesakitan dan kematian dan efektif membangun kekebalan tubuh terhadap virus. Namun sekalipun vaksin ada, 3M-lah tameng utama. Lindungi diri, lindungi keluarga, lindungi sesama," kata Reisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement