Jumat 22 Jan 2021 05:00 WIB

Cara Covid-19 Rusak Ginjal

Covid-19 dapat pengaruhi beragam organ vital, termasuk paru dan ginjal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan mencatat catatan pasien Covid-19 dirawat di dalam ICU untuk kasus baru virus corona di Rumah Sakit Alberto Sabogal di Callao, Peru, Senin, 11 Januari 2021. Covid-19 dapat pengaruhi beragam organ vital, termasuk paru dan ginjal.
Foto:

Selain memengaruhi fungsi ginjal, Covid-19 juga diketahui meningkatkan risiko cedera ginjal akut (AKI). Menurut sebuah studi, pasien Covid-19 memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengalami AKI dibandingkan pasien non Covid-19.

AKI juga menjadi penanda tingkat keparahan infeksi Covid-19 dan tingkat mortalitas pada pasien-pasien Covid-19 dengan AKI lebih tinggi. Pandemi Covid-19 juga dinilai berdampak pada akses dan kepatuhan pasien untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Dalam hal ini, sebagian pasien penyakit ginjal mungkin memilih untuk tidak kontrol kesehatan secara rutin ke dokter selama pandemi. Padahal, kontrol kesehatan yang tidak rutin dapat membuat mereka lebih berisiko terhadap komplikasi.

Selain itu, ada pula pasien yang memerlukan layanan dialisis. Mereka akan dihadapkan pada risiko penularan Covid-19 yang lebih tinggi karena tak bisa terus-menerus berdiam di rumah. Pasien yang membutuhkan dialisis perlu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat ketika mendatangi unit dialisis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement