Kamis 21 Jan 2021 03:45 WIB

Masih Pandemi, Kapan Harus Cuci Tangan?

Mencuci tangan merupakan bagian dari protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Mencuci tangan (ilustrasi). Mencuci tangan tidak hanya penting untuk menghindari infeksi Covid-19, tetapi juga membantu mencegah infeksi virus lain.
Foto:

Kesempatan tepat lain untuk cuci tangan yakni setelah memakai kamar kecil, juga setelah mengganti popok, pembalut, atau membantu orang lain menggunakan toilet. Ini semua penting karena penyakit mudah hinggap jika higienitas tangan relatif buruk.

Untuk menghindari infeksi, cara tepat mencuci tangan adalah melepaskan cincin, jam tangan, atau aksesori lain terlebih dulu. Kemudian, basahi tangan dengan air bersih yang mengalir, oleskan sabun, dan gosok dengan menyeluruh selama minimal 20 detik.

Jangan lewatkan semua permukaan tangan dan pergelangan tangan. Cuci punggung tangan, sela-sela jari, dan bagian di bawah kuku. Bilas dengan baik di bawah air mengalir dan pastikan semua sisa sabun telah hilang. Terakhir, keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau cukup dengan udara.

"Intinya, pandemi atau tidak, kebersihan diri merupakan aspek penting untuk tetap sehat. Kunjungi dokter jika merasa terkena infeksi atau mengalami masalah kesehatan," tutur Arya, seperti dikutip dari laman Times Now News, Rabu (20/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement