Kamis 14 Jan 2021 20:48 WIB

Main Gawai Jelang Tidur Bisa Picu Infertilitas Pria

Paparan radiasi dari gawai memengaruhi kualitas sperma.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Main gawai sebelum tidur dapat memengaruhi kesuburan pria.
Foto:

Akibatnya, paparan ini dapat berdampak negatif pada kualitas dan kuantitas tidur, baik bagi pria maupun wanita, yang kemudian menimbulkan gangguan pada kesuburan. Radiasi dari ponsel cerdas, komputer, dan koneksi nirkabel juga dapat menyebabkan kerusakan pada DNA seseorang, dan menyebabkan sel-sel mulai kehilangan kemampuannya untuk pulih sendiri.

Ketika radiasi mencapai sperma dan sel telur, itu juga bisa memicu keguguran. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan perangkat digital lebih awal di malam hari, membatasinya beberapa jam sebelum waktu tidur.

Jika sulit menghentikan kebiasaan main gawai menjelang tidur, mulailah dengan membatasi penggunaannya. Di lain sisi, tidur sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Pria yang bekerja sif malam juga terkadang menghadapi gangguan hormon yang signifikan. Pria yang menggunakan atau bergantung pada perangkat gawai harus mempertimbangkan cara lain untuk melawan efek paparan dengan berkonsultasi ke dokter, untuk mencegah kemandulan di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement