Rabu 13 Jan 2021 07:35 WIB

Air Alkali Baik untuk Pengidap Kanker dan Lebih Menghidrasi?

Air alkali disebut-sebut bisa mencegah dan menyembuhkan kanker.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi minum air putih. Air dengan derajat keasaman (pH) tinggi telah menjadi minuman yang cukup populer di tengah masyarakat.
Foto:

Air alkali belum tentu lebih menghidrasi

Sebuah studi kecil pada 2016 meneliti orang dewasa sehat yang minum air alkali atau air biasa setelah dehidrasi akibat olahraga. Mereka yang minum air alkali secara signifikan justru mengurangi viskositas darah utuh (ketebalan dan kelengketan darah), yang menandakan hidrasi lebih baik.

 

Meskipun ini mungkin tampak menjanjikan, penelitian ini didanai oleh merek air alkali yang populer, Essentia Water. Beberapa peneliti menerima biaya konsultasi, dan satu peneliti melaporkan menerima opsi saham sebagai benefit saat mengerjakan penelitian itu.

 

Ahli diet kinerja dari Mayo Clinic Orthopaedics and Sports Medicine, Luke Corey, RD, mengatakan, meskipun tubuh dapat mengambil manfaat mineral elektrolit dalam air alkali sedikit lebih banyak daripada air biasa, perbedaannya sesungguhnya sangat kecil. Oleh karena itu, orang tidak boleh berpikir air alkali lebih baik daripada air biasa untuk menghidrasi tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement