Selasa 12 Jan 2021 12:09 WIB

4 Pertimbangan Sebelum Membeli Air Purifier

Air purifier dapat membantu orang mendapatkan udara yang lebih jernih.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Air purifier dapat membantu orang mendapatkan udara yang lebih jernih.
Foto:

3. Fitur dan desain

Pastikan pembersih udara memiliki filter HEPA. Filter ini membantu menghilangkan alergen tertentu, seperti debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan. Namun, itu tidak akan membantu menghilangkan asap, bau, gas berbahaya, bakteri, atau virus. “Dalam hal ini, filter karbon terbukti efektif. Selain itu, kehadiran teknologi UV dalam pembersih udara terbukti efektif dalam menonaktifkan mikroba dan virus seperti Covid-19," jelas Sharma.

Terkait desain juga sama pentingnya karena beberapa pembersih udara memiliki ventilasi proyeksi udara 360 derajat, sementara yang lainnya memiliki struktur seperti kipas untuk mengeluarkan udara yang dimurnikan di dalam ruangan. Inilah yang menentukan seberapa jauh alat bisa membersihkan udara.

4. Pemeliharaan

Jangan hanya punya keinginan membeli tanpa semangat merawatnya. HEPA dan filter karbon perlu diganti sekali atau dua kali setiap tahun tergantung pada penggunaan dan penempatan. Lampu UV yang digunakan dalam pemurni udara memiliki masa kerja sekitar 9.000 - 11.000 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement