Ahad 10 Jan 2021 14:34 WIB

3 Cara Sederhana Membuat Diri Bahagia

Meski dihadapkan pada situasi sulit, penting untuk tetap menjaga perasaan bahagia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Meski dihadapkan pada situasi sulit, penting untuk tetap menjaga perasaan bahagia (Foto: ilustrasi)
Foto:

Akan tetapi, keamanan dalam memanjat pohon tetap harus diperhatikan. Hindari pohon dengan akar yang mulai membusuk atau memiliki lubang-lubang yang dalam. Jauhi pula pohon dengan bagian-bagian kulit yang hilang atau berjamur. Pastikan pohon yang dipanjat adalah pohon sehat dan kokoh.

Berjalan Kaki

Aktivitas berjalan kaki tak hanya menyehatkan tetapi juga dapat membantu memunculkan perasaan positif seperti bahagia. Pastikan saat berjalan kaki posisi tubuh tegak lurus sambil mengayunkan tangan.

Walaupun berjalan kaki bersama teman menyenangkan, berjalan kaki sendirian juga dapat memberikan manfaat yang sama baik. Berjalan kaki sendirian bahkan dapat melatih kesadaran atau mindfulness sehingga lebih mudah untuk memasuki ruang meditasi sambil berjalan.

Bila memungkinkan, berjalan kaki juga sebaiknya dilakukan di alam terbuka atau dekat dengan pepohonan. Cara ini dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol sekaligus berkaitan dengan manfaat baik terhadap tekanan darah dan denyut jantung.

"Berjalan kaki merupakan cara yang gratis dan tanpa batas waktu untuk terlepas dari pikiran-pikiran menakutkan mengenai masa depan atau perasaan sulit mengenai masa lalu," ungkap psikolog Dr Anna Hutchinson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement