Selasa 05 Jan 2021 16:39 WIB

Ini yang Terjadi Bila Orang Dikebiri Kimia

Dokter menyebut, kebiri kimia melanggar kode etik kedokteran.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Jarum suntik (Ilustrasi). Belum ada petunjuk mengenai zat kimia apa yang akan digunakan dalam proses kebiri kimia.
Foto:

Efek dari kebiri kimia dapat mengganggu produksi testosteron seumur hidup bila diberikan dalam jangka panjang. Terlepas dari peraturan pemerintah yang baru saja ditandatangani, dr Nugroho mengatakan, tindakan kebiri kimia tidak sesuai dengan kode etik kedokteran.

"(Kebiri kimia) melanggar kode etik kedokteran," ujar dr Nugroho.

Presiden Joko Widodo telah menandatangani PP Nomor 70 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tindakan Kebiri Kimia, Pemasangan Alat Pendeteksi Elektronik, Rehabilitasi, dan Pengumuman Identitas Pelaku Kekerasan Seksual terhadap Anak (PP Kebiri Kimia). Pada Pasal 2 ayat 1 dalam PP tersebut disebutkan bahwa tindakan kebiri kimia, tindakan pemasangan alat pendeteksi elektronik, dan rehabiliasi dikenakan terhadap pelaku persetubuhan berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Sedangkan pada Pasal 5 disebutkan bahwa tindakan kebiri kimia dikenakan untuk jangka waktu paling lama dua tahun. Pada Pasal 6, disebutkan pula bahwa tindakan kebiri kimia dilakuakn melalui tahapan penilaian klinis, kesimpulan, dan pelaksanaan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement