Senin 04 Jan 2021 08:25 WIB

Studi: Vaksin Covid-19 Berpotensi Timbulkan Alergi

Orang dengan alergi makanan dan obat aman untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Reaksi alergi mungkin muncul dari pemberian vaksin Covid-19, namun aman bagi orang yang alergi makanan atau obat-obatan..
Foto:

Setelah meninjau lebih dekat data terkait reaksi alergi, FDA merekomendasikan bahwa individu dengan riwayat reaksi alergi parah terhadap komponen apa pun dari vaksin Covid-19 saja yang tak diberikan vaksin Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan semua pasien diobservasi selama 15 menit pasca vaksinasi oleh staf yang dapat mengidentifikasi dan menangani reaksi tersebut.

FDA dan CDC tidak merekomendasikan orang dengan alergi makanan atau obat menghindari vaksinasi. Untuk memberikan wawasan dari sudut pandang ahli alergi, Aleena Banerji selaku Direktur Klinis Unit Alergi dan Imunologi Klinis di MGH dan profesor di Harvard Medical School merangkum apa yang saat ini diketahui tentang reaksi alergi terhadap vaksin seperti yang dikembangkan untuk melawan Covid-19.

Banerji dan timnya mengusulkan saran terperinci sehingga individu dengan riwayat alergi berbeda dapat dengan aman menerima vaksin Covid-19 pertama. Mereka juga menguraikan langkah-langkah untuk menerima dosis kedua dengan aman pada individu yang mengembangkan reaksi terhadap dosis pertama vaksin Covid-19.

"Sebagai ahli alergi, kami ingin mendorong vaksinasi dengan meyakinkan publik bahwa kedua vaksin Covid-19 yang disetujui FDA aman. Pedoman kami dibuat berdasarkan rekomendasi dari badan pengatur AS dan memberikan langkah yang jelas kepada komunitas medis tentang cara mengelola keduanya dengan aman dosis vaksin pada individu dengan riwayat alergi," kata Banerji, dilansir dari Times Now News pada Sabtu (2/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement