Jumat 01 Jan 2021 19:03 WIB

Epinefrin Bantu Redakan Reaksi Alergi Berat Vaksin Moderna

Seorang dokter di Boston alami reaksi alergi berat setelah disuntik vaksin Moderna.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Moderna. Seorang dokter asal Boston, AS mengalami alergi berat setelah mendapatkan vaksin Covid-19 Moderna. Reaksi alergi itu dapat diredakan dengan suntikan epinefrin.
Foto:

Belum diketahui bahan apa di dalam vaksin yang memicu reaksi alergi pada Dr Sadrzadeh. Akan tetapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah mengimbau orang-orang yang memiliki reaksi alergi terhadap bahan-bahan dalam vaksin Covid-19 untuk tidak mendapatkan vaksin tersebut.

"Bila Anda memiliki reaksi alergi terhadap vaksin lain atau terapi injeksi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menegtahui apakah Anda bisa mendapatkan vaksin Covid-19," jelas CDC.

Untuk vaksin dari Moderna, efek samping paling umum yang ditemukan adalah kelelahan, sakit kepala, dan nyeri otot. Selain dari Moderna, vaksin Covid-19 dari Pfizer/BioNTech juga dilaporkan memicu reaksi alergi berat bernama anafilaksis pada enam orang. Vaksin dari Moderna dan Pfizer/BioNTech diketahui memiliki bahan-bahan yang mirip.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement