Jumat 01 Jan 2021 01:02 WIB

Profil Inke Maris, Ternyata Alumni Leicester Inggris

Sebelum meninggal, Inke Maris sempat berjuang melawan stroke

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Inke Maris
Inke Maris

VIVA – Berita duka cita datang dari penyiar televisi legendaris, Inke Maris. Wanita yang sempat dikenal luas publik Tanah Air dalam membawakan siaran bahasa Inggris di TVRI tersebut meninggal dunia pada Kamis malam 31 Desember 2020 sekitar pukul 19.20 WIB dalam usia 72 tahun.

Almarhumah disebutkan akan disemayamkan di rumah duka Jl. MPR Raya Kav. 8 No. 8 Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal, Inke sempat berjuang melawan serangan stroke yang dideritanya, dan dirawat di Rumah Sakit Medistra.

Inke Maris lahir di Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 7 Desember 1948. Ia adalah wanita asal Indonesia yang berhasil mewawancarai Perdana Menteri Inggris saat itu "Iron Lady" Margaret Thatcher, Pemimpin PLO Yasser Arafat, Paul Keating, dan Rajiv Gandhi.

Inke Maris mulai dikenal luas di Tanah Air sejak siaran bahasa Inggris muncul. Saat Presiden Soeharto melakukan kunjungan resmi, Inke Maris sempat diberikan amanah untuk mendampingi Ibu Tien saat Presiden Soeharto menerima penghargaan FAO di Roma.

Ia menempuh pendidikan SD di Yayasan Perguruan Cikini, Jakarta (1960), melanjutkan sekolahnya di SMP Yayasan Sumbangsih, Jakarta (1963), dan melanjutkan sekolahnya lagi di SMA Teladan, Jakarta (1966).

Setelah menempuh pendidikan di City Of London Business School (1978), Inke Maris berhasil meraih gelar Master di bidang Komunikasi Massa dari Universitas Leicester, London.

Sempat menjadi penyiar BBC selama 12 tahun merupakan catatan penting dalam hidupnya sebagai seorang penyiar profesional.

Saat pulang ke Indonesia, Inke Maris mendapatkan tugas menjadi penyiar siaran Bahasa Inggris di TVRI.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement