Rabu 30 Dec 2020 18:12 WIB

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Film-film perang ini menginspirasi untuk mengenal sejarah dan menarik disaksikan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Foto: Salah satu adegan dalam film 1917
Foto:

6. “Inglorious Basterds” (2009)

Sebuah satire yang difilmkan dengan indah dan sangat lucu dari Perang Dunia II, Quentin Tarantino mengikuti jalannya yang biasa dan dimana dia mengubah sejarah sesuai keinginannya, menyenangkan penonton dengan cara yang tidak bisa dilakukan sejarah. Ketika satu regu Yahudi-Amerika secara sukarela mendaftar di bawah komando Letnan Aldo Raine (Brad Pitt), mereka mengambil taktik pertempuran yang keras dari prajurit Apache, tidak menunjukkan belas kasihan, dan mengambil kulit kepala sebagai piala perang.

 

5. “Schindler’s List” (1993)

Film ini merinci perselisihan dan kehancuran orang-orang Yahudi selama pendudukan Nazi di Polandia. Film ini berfokus pada seorang Industrialis (Liam Neeson) yang pindah ke Krakow untuk mengejar karir yang menjanjikan, dan yang mulai menyaksikan pemusnahan orang-orang Yahudi di kota, mendorongnya untuk melindungi karyawannya yang menjadi sasaran pasukan Nazi.

Diproduksi seluruhnya dalam warna hitam dan putih (kecuali beberapa warna merah simbolis yang selektif di sepanjang film), tragedi bersejarah ini ditekankan oleh keputusasaan mutlak yang dikomunikasikan melalui seni sinematografi.

 

4. “The Hurt Locker” (2008)

Dari sutradara Kathryn Bigelow “Point Break”, hadirlah pemenang Oscar enam kali “The Hurt Locker”, satu-satunya film dalam daftar ini yang mengomentari kerasnya perang Irak. Ketika seorang sersan pengganti ditugaskan ke regu penjinak bom, ketegangan diperkirakan akan meningkat tetapi semakin meningkat dengan metode berisiko namun sangat sukses, yang mengakibatkan penyebaran keraguan di dalam regu.

 

3. “Full Metal Jacket” (1987)

Berfokus hampir seluruhnya pada kebrutalan yang dihadapi oleh tentara muda Amerika di camp pelatihan, “Full Metal Jacket” adalah komentar puitis tentang intensitas perang Vietnam dari perspektif seorang prajurit yang masuk akal. Dari pemikiran visioner Stanley Kubrick, film ini mewujudkan spektrum penuh emosi yang dihadapi oleh rata-rata dan rekrutmen yang tidak tersedia dalam Perang Vietnam.

Dengan tema berat ketidakstabilan mental dan kekejaman verbal yang diperlihatkan oleh R Lee Ermey yang luar biasa, film perang yang menyentuh hati ini akan tetap berada di jajaran teratas film perang klasik.

 

2. “Saving Private Ryan” (1998)

Film ini memulai cerita di pantai berdarah Normandia, segera memberi tahu penonton untuk apa mereka berada di sana. Ketika Kapten John Miller (Tom Hanks) diberi misi untuk membebas tugaskan Prajurit Ryan (yang tiga saudara laki-lakinya telah terbunuh dalam pertempuran), dia harus membawa tentaranya ke belakang garis musuh dan memberanikan sebagian besar pasukan Jerman.

Berdasarkan kisah nyata, film ini membawa kita pada beberapa alur cerita terpisah, yang membawa kita ke dalam kesusahan yang dialami oleh para pemuda di masa itu.

 

1. “Apocalypse Now” (1979)

Dari sutradara dan penulis yang tak terlupakan dan bersejarah, Francis Ford Coppola, muncullah kisah visioner tentang Perang Vietnam, yang diceritakan melalui adegan deskriptif tentang daya pikat alegoris dan citra yang mempesona. Ketika seorang perwira Vietnam diberi misi yang tidak terduga, dia harus menemukan dan membunuh Kolonel Pasukan Khusus, yang telah meyakinkan dirinya sendiri dan beberapa penduduk setempat bahwa dia adalah dewa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement