Selasa 29 Dec 2020 10:16 WIB

Meniere, Penyakit yang Bikin Jessie J Kehilangan Pendengaran

Kehilangan pendengaran akibat penyakit Meniere umum terjadi dalam episode berulang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Jessie J mengaku sebelumnya tak pernah tahu tentang penyakit Meniere, gangguan yang memengaruhi bagian dalam telinga.
Foto:

Seiring dengan berkembangnya penyakit tersebut, Jessie J bahkan sempat merasakan ketulian total pada telinga kanannya. Dia pun tak bisa berjalan dengan lurus.

"Saya senang bisa pergi (ke rumah sakit) lebih cepat dan mereka mengetahui kondisi apa ini dengan sangat cepat, lalu saya diberikan obat yang tepat, sehingga saya merasa jauh lebih baik hari ini," tutur Jessie.

Melalui unggahan dalam akun Instagram-nya, Jessie J juga mengatakan itu adalah kali pertama dia mampu kembali bernyanyi dengan kondisinya. Dia juga mengungkapkan bahwa dia sangat rindu menyanyi dan dikelilingi oleh banyak orang.

Jessie J bukan satu-satunya penyanyi yang terkena penyakit Meniere. Penyanyi Huey Lewis dari band Huey Lewis and the News juga pernah terkena penyakit ini sejak 2018.Saat itu, Huey mengaku takut tak bisa kembali bernyanyi lagi. Pada 2019, Huey juga mengungkapkan bahwa dia pernah berpikir untuk bunuh diri saat pertama kali didiagnosis mengalami penyakit Meniere.

"Saya tidak bisa mendengar musik. Cukup sulit untuk mendengar percakapan, tapi mendengar musik benar-benar mustahil (terdengar)," ungkap Huey pada sebuah sesi wawancara di 2019.

Terkadang, menurut Huey, dia merasa pendengarannya membaik dan berpikir bahwa dia bisa kembali menyanyi lagi. Akan tetapi, Huey mengatakan dia tak bisa menyanyi dalam waktu yang lama.

"Saya menyanyi dua kali dalam dua tahun terakhir, ketika pendengaran saya lebih baik. Dan saya menyanyikan satu lagu secara akustik. Tetapi saya tidak bisa melakukannya untuk satu set," kata Huey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement