Rabu 23 Dec 2020 15:35 WIB

5 Kebiasaan Minum Kopi yang Buruk Bagi Kesehatan

Jika tidak berhati-hati, ada efek negatif dari kopi.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Jika tidak berhati-hati, ada efek negatif dari kopi (Foto: ilustrasi kopi)
Foto:

3. Terlalu Banyak Krimer

Seperti latte yang manis, jika Anda tidak berhati-hati dengan krimer, kopi bisa mengandung terlalu banyak kalori seperti layaknya gula. Memilih untuk menggunakan susu sedikit atau bahkan susu almond bisa menjadi pilihan yang terbaik dibanding krimer. 

4. Kafein yang Berlebihan 

Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Longevity & Healthspan mengatakan kafein benar-benar dapat membantu memperpanjang umur. Manfaat dari kafein diantaranya adalah meningkatkan kesehatan Anda dan menunda penyakit terkait usia seperti Alzheimer. 

Kafein sebenarnya dapat membantu pembatasan makanan dan mengurangi sinyal insulin. Namun, berhati-hatilah dengan seberapa banyak kafein yang Anda konsumsi. 

Healthline mengatakan mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram kafein sehari dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh. Termasuk diantaranya adalah meningkatkan  kecemasan, insomnia, dan masalah pencernaan. 

5. Tidak Meminumnya Sama Sekali

Ada beberapa manfaat minum kopi secara teratur seperti yang telah kami sebutkan. Peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan peminum kopi yang abstain sebesar 10 hingga 15 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement