Selasa 15 Dec 2020 17:43 WIB

Usir Badan Pegal dengan 8 Latihan Fisik Ringan

Latihan fisik secara teratur akan memungkinkan sendi bergerak bebas dan tidak kaku.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Latihan fisik secara teratur akan memungkinkan sendi bergerak bebas dan tidak kaku (Foto: ilustrasi)
Foto: Piqsels
Latihan fisik secara teratur akan memungkinkan sendi bergerak bebas dan tidak kaku (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama pandemi Covid-19, mobilitas dan aktivitas fisik Anda pasti lebih minim dari biasanya. Itu membuat tubuh merasa kaku, pegal, dan bahkan kesakitan. Karenanya meski bekerja maupun belajar dari rumah pastikan Anda aktif melakukan latihan fisik.

Ahli Terapi Fisik Grayson Wickham mengatakan, latihan fisik secara teratur akan memungkinkan sendi bergerak bebas dan tidak kaku. Seperti dilansir dari Well and Good pada Selasa (15/12), berikut latihan ringan untuk pemula yang bagus untuk meningkatkan mobilitas Anda.

Baca Juga

 

1. Peregangan leher

Leher menjadi salah satu bagian tubuh yang sering mengalami kaku, dan melakukan peregangan di leher adalah ide bagus untuk meningkatkan mobilitas Anda. Caranya sederhana, berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, simpan tangan disamping tubuh, lalu arahkan kepala ke langit-langit dan putar seperti sedang menggambar pelangi.

 

2. Peregangan leher samping

Cara sederhana lainnya untuk meningkatkan mobilitas di area leher Anda adalah melalui peregangan lembut dari Chloe Kernaghan dan Krissy Jones dari Sky Ting Yoga. Caranya juga sederhana, Anda duduk dan melipat kaki ke bawah, tarik perlahan telinga kanan ke arah bahu kiri dan lakukan secara bergantian.

 

3. Gerakan bahu

Berikan mobilitas ekstra pada area bahu dengan latihan sederhana dengan mengaktifkan sendi scapula. Caranya sederhana, rentangkan lengan Anda ke depan lalu kepalkan. Sambil menjaga posisi lengan, tarik bahu ke belakang, bawah, depan, lalu ke atas. Lakukan terus menerus minimal selama 30 detik.

 

4. Peregangan pergelangan tangan

Pelatih Charlee Atkins mengatakan bahwa peregangan tangan membantu otot tubuh merasa lebih rileks. Caranya, duduk di atas matras lalu letakkan telapak di matras sehingga tubuh berbentuk seperti kucing. Lalu gerakan badan ke depan dan belakang, lakukan berulang.

 

5. Bottom-up squat

Menurut pelatih Traci Copeland, ini adalah salah satu latihan terbaik untuk berbagai gerakan, karena bisa merilekskan tubuh bagian bawah dan meningkatkan mobilitas bahu pada saat yang bersamaan. Caranya sederhana, berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, letakkan tangan di atas lalu raih jari kaki. Tekuk lutut Anda hingga berjongkok, berhenti sebentar, lalu ulangi.

 

6. Gerakan thread the needle

Latihan dari instruktur Pilates Chloe De Winter ini bagus untuk membuka tubuh bagian atas, dan sangat mudah dilakukan. Caranya, ambil posisi berdiri di atas lutut dengan kedua tangan menumpu badan, telapak tangan ke lantai. Setelah itu berpindahlah ke posisi duduk lalu ke posisi setengah tertidur dengan lutut menyentuh dada dan badan sedikit dimiringkan ke kanan. Posisikan tangan kanan di bagian atas menjulur melewati kepala, sementara tangan kiri berada di bawah kepala.  

 

7. Glute bridge

Glute bridge sangat bagus untuk membuka pinggul dan meningkatkan mobilitas tulang belakang, serta meningkatkan kekuatan inti dan bokong. Caranya, berbaringlah di atas matras dengan kaki ditekuk. Pastikan lutut berada tepat di atas pergelangan kaki. Lalu angkat punggung ke atas, tahan beberapa saat, turun dan lakukan berulang.

 

8. Berjalan jinjit

Jalan jinjit adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan mobilitas kaki dan pergelangan kaki. Jalan jinjit bermanfaat untuk stabilitas pergelangan kaki dan fleksibilitas jari kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement