Selasa 15 Dec 2020 15:24 WIB

Hari Teh Internasional, Yuk Kenali 5 Jenis Teh Menyehatkan!

Beragam jenis teh memiliki khasiat untuk kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman teh. Hari Teh Internasional diperingati pada 15 Desember setiap tahunnya.
Foto: Flickr
Minuman teh. Hari Teh Internasional diperingati pada 15 Desember setiap tahunnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Teh Internasional diperingati pada 15 Desember setiap tahunnya. Tak hanya populer di berbagai negara, teh juga memiliki variasi yang sangat beragam berdasarkan bahan hingga metode pembuatannya.

Setidaknya, ada lima jenis teh populer yang tak hanya memiliki cita rasa unik, tetapi juga memberi manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah lima jenis teh tersebut, seperti dilansir Times Now News.

Baca Juga

Teh hijau

Kandungan antioksidan yang tinggi merupakan satu alasan teh hijau menjadi sangat populer. Konsumsi teh hijau diyakini dapat menunjang kesehatan jantung, paru, payudara, kulit, dan perut. Teh hijau juga dapat membantu pencernaan, sirkulasi darah, dan kesehatan kardiovaskular. Teh hijau juga dikatakan dapat membantu proses penurunan berat badan.

Teh kamomil

Seperti namanya, kamomil merupakan bahan dasar untuk membuat teh ini. Bunga kamomil memiliki sifat yang dapat meredakan stres serta mampu membantu mengatasi insomnia dan masalah tidur. Teh ini juga dapat berperan seperti mood booster yang memperbaiki suasana hati.

Teh lemon

Lemon merupakan bahan dasar dalam membuat teh ini. Lemon merupakan sumber vitamin C sehingga teh ini dapat menjadi booster imunitas. Selain itu, teh lemon juga dinilai dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki suasana hati.

Teh jahe

Jahe sebagai bahan utama dalam teh ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Jahe memiliki sifat antiinflamasi. Teh ini juga dapat menenangkan tubuh dengan cara menurunkan inflamasi. Selain itu, konsumsi teh jahe dapat meringankan mual, flu dan pilek, serta kondisi terkait masalah pencernaan seperti konstipasi.

Teh pu-erh

Teh ini merupakan jenis teh fermentasi. Teh Pu-erh merupakan jenis teh yang cocok dikonsumsi ketika sedang menurunkan berat badan. Beberapa manfa

at lain dari teh Pu-erh adalah dapat meningkatkan suasana hati, mendorong fungsi kognitif dan sirkulasi darah yang sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement