Rabu 18 Nov 2020 15:03 WIB

8 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Tambah Berat Badan

Satu cangkir nasi matang memberikan 204 kalori dan 44 gram karbohidrat.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Nais (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Nais (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berat badan menjadi hal yang tak luput dari perhatian. Baik mengurangi maupun meningkatkannya, keduanya adalah tugas yang melibatkan kerja keras serta waktu.

Berat atau ringannya berat badan seseorang bergantung pada pola hidup yang meliputi pola makan, pola tidur, pola olahraga, dan pola pikir. Salah satu yang bisa kita kendalikan untuk mencapai berat badan ideal adalah memperhatikan pola makan.

Berikut adalah delapan makanan sehat yang bisa Anda konsumsi jika ingin menambah berat badan seperti dilansir di laman Times India, Rabu (18/11).

1. Smoothie protein buatan sendiri

Smoothie protein buatan sendiri sangat bergizi dan merupakan cara cepat untuk menambah berat badan. Smoothie buatan sendiri lebih sehat dibandingkan dengan yang tersedia di pasaran yang penuh gula dan kurang nutrisi. Dengan membuat smoothie sendiri di rumah, kita bisa memiliki kendali penuh atas rasa dan kandungan nutrisi.

2. Nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat yang nyaman dan murah. Hanya satu cangkir nasi putih matang memberikan 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sangat sedikit lemak.

Selain itu, nasi juga padat kalori yang memberi jumlah tinggi karbohidrat dan kalori dari satu porsi. Nasi dapat membantu Anda makan lebih banyak, terutama jika Anda memiliki nafsu makan yang buruk atau cepat kenyang.

3. Ikan berminyak

Ikan berminyak seperti salmon merupakan sumber protein yang sangat baik dan lemak sehat yang penting. Dari semua nutrisi yang disediakan salmon dan ikan berminyak, asam lemak omega-3 termasuk yang paling penting dan terkenal. Mereka menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda dan membantu melawan penyakit.

4. Buah kering

Buah kering merupakan camilan berkalori tinggi yang juga memberikan antioksidan dan mikronutrien. Semua jenis buah kering memiliki kandungan gula yang tinggi secara alami. Oleh karenanya, ini membuat mereka bagus untuk menambah berat badan.

5. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat. Mereka cukup padat kalori dan karenanya merupakan makanan yang enak untuk membantu Anda menambah berat badan. Satu buah alpukat besar menyediakan sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14 gram serat. Mereka juga tinggi vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat.

6. Susu

Susu memberikan keseimbangan yang baik antara protein, karbohidrat, dan lemak, serta merupakan sumber kalsium yang baik, serta vitamin dan mineral lainnya. Ini adalah sumber protein luar biasa yang menyediakan protein kasein dan whey yang dapat membantu Anda menambah massa otot ke tubuh Anda.

7. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh adalah sumber karbohidrat yang baik untuk membantu Anda menambah berat badan. Makanan yang sangat sederhana, berkalori tinggi, dan seimbang dapat dibuat dengan menggabungkan roti dengan sumber protein seperti telur, daging, dan keju.

8. Telur

Telur adalah salah satu makanan pembangun otot yang paling sehat. Telur menyediakan kombinasi protein berkualitas tinggi dan lemak sehat. Telur bisa dimasak dengan berbagai cara, termasuk merebus, merebus, menggoreng, memanggang, dan digoreng acak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement