Jumat 16 Oct 2020 05:25 WIB

Ahli Mengakui 7 Makanan Ini Ampuh Atasi Rambut Rontok

Namun, makanan ini tidak mendorong terjadinya pertumbuhan rambut yang baru.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada beragam masalah yang dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Ada beragam masalah yang dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beragam masalah yang dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok. Sebagian masalah ini dapat diperbaiki dengan melakukan sedikit modifikasi pada pola makan.

Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya masalah kerontokan rambut adalah kadar dihydrotestosterone (DHT) yang tinggi. Kadar DHT yang tinggi dapat mengecilkan folikel rambut dan memperpendek siklus pertumbuhan rambut.

Baca Juga

"Sebagai hasilnya, rambut menjadi lebih tipis dan lebih rentan terhadap kerusakan," jelas konsultan ahli dermatologi MedLinks Dr Pankaj Chaturvedi, seperti dilansir Vogue, Kamis (15/10).

Tubuh mengonversi 5-10 ersen testosteron menjadi DHT dengan menggunakan enzim bernama 5-alpha reductase. Beberapa makanan dapat memblok enzim ini.

"Dengan memblok enzim ini menggunakan makanan-makanan tertentu, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencegah kerontokan rambut," jelas ahli gizi selebriti Nmami Agarwal.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut akibat kadar DHT yang tinggi. Perlu diingat, makanan ini tidak dapat mendorong terjadinya pertumbuhan rambut yang baru. Namun, dapat memperlambat dan bahkan menghentikan kerontokan rambut yang sedang terjadi.

Kunyit

Kunyit diketahui kaya akan senyawa bernama curcuminoid. Studi preklinis menunjukkan bahwa curcumin dapat menurunkan kadar DHT dengan cara memblok aksi enzim apha-5 reductase.

photo
(Foto ilustrasi). - (www.freepik.com)

Minyak Kelapa

Ada kandungan lemak yang tinggi di dalam minyak kelapa dari medium-chain triglyceride (MCT). Lemak ini umumnya berbentuk asam laurat. Agarwal mengatakan asam laurat diketahui dapat memblok produksi DHT.

Edamame

Kacang edamame tak hanya kaya akan protein dan serat, tetapi juga mengandung isoflavon. Isoflavon merupakan senyawa dari tanaman yang dapat menurunkan kadar DHT dengan memblok aksi dari 5-alpha reductase.

Flaxseed

Asam alfa linoleat dalam flaxseed dapat membantu memblok 5-alpha reductase. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam flaxseed juga dapat membantu tubuh mengatasi stres, di mana stres merupakan salah satu penyebab terbesar kerontokan rambut.

Bawang Bombay

Ada kandungan quercetin di dalam bawang bombay. Quercetin merupakan bahan kunci yang diperlukan dalam mengontrol DHT. Alasannya, Quercetin dapat menghambat produksi DHT dari testosteron dengan cara memblok aksi dari enzim alpha-5 reductase dan menurunkan stres oksidatif. Sayur dan buah lain speerti bayam, kale, apel, dan berry juga memiliki kandungan quercetin.

Teh Hijau

Agarwal mengatakan teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi. Kandungan EGCG ini dapat menghalau rambut rontok dengan cara mencegah DHT memblok folikel rambut.

Biji Labu

Terdapat banyak kandungan zat besi, zinc, magnesium, dan antioksidan di dalam biji labu. Biji labu juga dapat menjaga kadar testosteron yang sehat. Konsumsi biji labu yang kaya akan asam lemak omega-3 ini setiap hari juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan reproduksi. Biji labu juga mampu memblok enzim 5-alpha reductase untuk memproduksi DHT, sehingga dapat menurunkan kerontokan rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement