Ahad 16 Aug 2020 06:43 WIB

Hari Ini, Tepat 43 Tahun Elvis Presley Tutup Usia

Elvis Presley meninggal dunia pada 16 Agustus 1977 karena serangan jantung.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nora Azizah
Elvis Presley meninggal dunia pada 16 Agustus 1977 karena serangan jantung (Foto: Elvis Presley)
Foto: AP
Elvis Presley meninggal dunia pada 16 Agustus 1977 karena serangan jantung (Foto: Elvis Presley)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pada 16 Agustus 1977, legenda musik populer Elvis Presley meninggal dunia di Memphis, Tennessee. Saat itu usianya 42 tahun.

Berita wafatnya sang legenda membawa banyak penggemar berduka ke Graceland, tempat tinggalnya di Memphis. Dilansir History, Ahad (16/8), dokter mengatakan, Elvis Presley meninggal karena serangan jantung yang diduga disebabkan oleh kecanduannya pada resep barbiturat.

Baca Juga

Pada pertengahan 1970-an, Elvis memang mengalami penurunan kesehatan fisik dan mental. Dia menceraikan istrinya pada 1973 dan bergantung pada obat resep. Dia juga kecanduan junk food dan berat badannya bertambah.

Dalam dua tahun terakhir hidupnya, Elvis membuat penampilan panggung yang tidak menentu dan hidup hampir sebagai seorang pertapa. Pada sore hari tanggal 16 Agustus 1977, dia ditemukan tidak sadarkan diri di mansion Graceland miliknya dan dilarikan ke rumah sakit, di mana dia dinyatakan meninggal. Ia dimakamkan di tanah Graceland, yang terus menarik penggemar dan telah berubah menjadi objek wisata yang sangat sukses.

Dalam sejarahnya, Elvis Presley lahir di Tupelo, Mississippi, pada 8 Januari 1935. Saudara kembarnya, Jesse, meninggal saat lahir. Elvis dibesarkan dalam kemiskinan di Tupelo dan Memphis. Dia mendapatkan pekerjaan sebagai sopir truk setelah sekolah menengah.

Ketika dia berusia 19 tahun, dia masuk ke studio rekaman Memphis dan membayar 4 dolar AS untuk merekam beberapa lagu sebagai hadiah untuk ibunya. Sam Philips, pemilik studio, tertarik dengan kualitas suaranya yang kasar dan penuh perasaan dan mengundang Presley kembali untuk berlatih dengan beberapa musisi lokal.

Setelah Philips mendengar Elvis menyanyikan lagu ritme dan blues "That’s All Right," oleh Presley dengan cita rasa country-and-westernnya, dia setuju untuk merilis lagu tersebut sebagai single di label Sun Records. Rekamannya mencapai puncak tangga lagu lokal, dan karier Presley diluncurkan.

Dalam perjalanan kariernya, Elvis menciptakan berbagai lagu dengan penampilan yang dinamis, ketampanannya, dan lagu-lagu yang sederhana namun menarik. Dari 1956 hingga 1958, Elvis mendominasi tangga musik dan mengantarkan era rock and roll yang membuka pintu bagi artis rock kulit putih dan kulit hitam. Selama periode kala itu, ia membintangi empat film sukses, yang semuanya menampilkan soundtracknya, yakni Love Me Tender (1956), Jailhouse Rock (1957), Loving You (1957), dan King Creole (1958).

Pada 1958, Presley direkrut menjadi Angkatan Darat Amerika Serikat (AS). Dia menjalani tur tugas selama 18 bulan di Jerman Barat sebagai pengemudi Jeep. Setelah diberhentikan sebagai sersan pada tahun 1960, Elvis mengalami perubahan gaya, menghindari materi edgy, ritme-dan-blues yang terinspirasi dari balada romantis dan dramatis seperti "Are You Lonesome Tonight?"

Dia pensiun dari konser untuk berkonsentrasi pada film musikalnya, dan dia membuat 27 film pada 1960-an, termasuk G.I. Blues (1960), Blue Hawaii (1961), Girls! Girls! Girls! (1962), Viva Las Vegas (1964), dan Frankie dan Johnny (1966). Pada 1967, ia menikah dengan Priscilla Beaulieu, dan pasangan tersebut memiliki seorang putri, Lisa Marie pada tahun 1968.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement