Rabu 22 Jul 2020 00:09 WIB

Film-Film Populer Hilang dari HBO Max, Kenapa?

Film populer, seperti Harry Potter hingga Fast and Furious hilang dari HBO Max.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Film populer, seperti Harry Potter hingga Fast and Furious hilang dari HBO Max (Foto: film Harry Potter)
Foto: ist
Film populer, seperti Harry Potter hingga Fast and Furious hilang dari HBO Max (Foto: film Harry Potter)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa film populer di layanan streaming HBO Max dan Peacock tampak menghilang dan tak lagi bisa diakses. Padahal, film-film populer ini baru ditayangkan dalam hitungan bulan saja di kedua layanan streaming tersebut.

Beberapa tahun sebelum HBO Max diluncurkan pada 27 Mei lalu, WarnerMedia telah menandatangani kontrak dengan NBCUniversal. Melalui kontrak ini, WarnerMedia memberikan hak siar eksklusif film Harry Potter kepada NBCUniversal hingga 2025.

Baca Juga

Adanya kontrak ini membuat banyak orang berspekulasi bahwa serial film Harry Potter tak akan ditayangkan di HBO Max hingga kontrak tersebut berakhir. Akan tetapi, malam sebelum peluncuran HBO Max, WarnerMedia kembali membuat kesepakatan dengan NBCUniversal untuk menayangkan seluruh film Harry Potter dalam peluncuran perdana HBO Max.

Oleh karena itu, kedelapan film Harry Potter bisa ditonton oleh para pengguna HBO Max sejak layanan tersebut diluncurkan. Namun, film-film ini tak akan bertahan lama di HBO Max. Kedelapan film Harry Potter ini tak lagi bisa ditonton melalui HBO Max per 25 Agustus mendatang.

Bukan hanya Harry Potter yang memiliki masa tayang pendek di HBO Max. Film Justice League juga hanya ditayangkan selama satu bulan di HBO Max. Akan tetapi, film ini dijadwalkan akan kembali ke HBO Max pada suatu waktu di 2020.

Seperti dilansir The Verge, Rabu (22/7), bukan hanya HBO Max yang harus kehilangan film-film populer dalam waktu singkat. Layanan streaming Peacock milik NBCUniversal juga mengalami hal yang sama.

Layanan streaming yang baru diluncurkan minggu lalu ini akan kehilangan cukup banyak film-film populer. Beberapa film yang akan segera menghilang dari Peacock adalah Shrek, trilogi film Jurassic Park, Fast and Furious.

Film trilogi Jurassic Park akan beralih ke Netflix per Agustus mendatang. Selain itu, film trilogi The Matrix juga akan segera menghilang dari Peacock bulan depan. Film The Mummy dan The Mummy Returns juga tak akan lagi bisa ditonton melalui Peacock dalam waktu dekat.

"Film-film biasanya akan datang dan pergi dari platfrom," ungkap Juru Bicara Peacock.

Film yang datang dan pergi dari sebuah layanan streaming dalam waktu cepat tentu bukan hal yang diinginkan oleh pengguna. Banyak pengguna yang enggan berpindah dari satu layanan streaming satu ke layanan lainnya hanya untuk menonton sebuah film.

Kabar baiknya, tak semua film atau serial televisi berpindah dari satu layanan ke layanan lain dengan cepat. Beberapa film dan serial seperti Netflix Originals misalnya, tak akan keluar dari layanan streaming Netflix. Hal yang sama juga berlaku pada berbagai film Disney yang tayang dalam layanan Disney Plus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement