Ahad 05 Jul 2020 21:29 WIB

Tips Agar Tidur Malam Lebih Baik

Tidur yang baik yakni memperhitungkan kualitas, kualitas, dan keteraturan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ilustrasi Tidur
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur malam berkualitas sangat penting bagi tubuh untuk menghadapi hari berikutnya. Jika tidur malam seseorang tidak berkualitas, maka akan muncul perasaan cemas pada keesokan harinya sehingga membuat segalanya tampak jauh lebih sulit.

Cara praktis berikut ini mungkin bisa Anda ikuti untuk memperoleh tidur berkualitas seperti dilansir di laman Express, Ahad (5/7):

1. Menjaga jadwal tidur

Perwakilan The Sleep Council, Profesor Jason Ellis dari Northumbria University, mengatakan, tidur yang baik memperhitungkan kualitas, kualitas, dan keteraturan tidur. Tips pertama elemen penting dari tidur yang baik adalah menjaga jadwal tidur dan bangun yang teratur. Ini berarti bangun pada waktu yang sama setiap hari (terlepas dari hari libur Anda) dan tidur pada waktu yang sama setiap malam.

"Menjaga jam reguler membantu sistem tidur tubuh tetap harmonis," kata Profesor Ellis.

Dia menyebut, seseorang yang memiliki rutinitas tidur dapat "mempromosikan" perasaan kantuk ketika tubuh Anda bersiap untuk tidur.

2. Menikmati cahaya alami

Cobalah keluar untuk menikmati cahaya alami. "Cahaya alami, yang masih bisa efektif pada hari berawan atau abu-abu, membantu mengatur ulang jam tubuh internal kita," kata Profesor Ellis.

Berada di bawah sinar matahari alami membantu orang untuk mengatasi perasaan grogi ketika pertama kali bangun. Anda juga bisa menikmati segelas air menyegarkan di taman atau balkon, serta berjalan-jalan sebentar di luar pada pagi hari.

3. Olahraga

Pada siang hari, luangkan waktu untuk memasukkan olahraga ke dalam rutinitas Anda. Sebab, hal itu meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur. Namun, sebaiknya tidak berolahraga pada malam hari karena dapat mengganggu tidur Anda.

Usahakan melakukan olahraga setidaknya dua jam sebelum tidur sehingga tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk bersantai dan rileks.

4. Jangan konsumsi kafein

Profesor Ellis mengatakan, untuk menghindari stimulasi yang mengandung kafein delapan jam sebelum tidur. Itu mungkin tampak seperti sedikit peregangan, tapi kafein dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur.

5. Atur pola makan sebelum tidur

Merasa lapar atau haus dapat membangunkan Anda pada malam hari, seperti juga minum terlalu banyak cairan. Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur juga bisa membuat Anda sulit untuk tertidur.

"Jangan tidur dengan perut penuh, lapar, atau haus," saran Profesor Ellis.

6. Matikan gawai

Matikan perangkat elektronik Anda sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, tablet, dan gawai lainnya dapat mencegah hormon yang membuat kita mengantuk untuk diproduksi.

7. Jangan minum alkohol dan nikotin

Jangan minum alkohol agar bisa tertidur. Hindari nikotin sebelum tidur karena stimulan yang terdapat di dalamnya dapat membuat Anda tetap terjaga.

8. Kamar sejuk

Pastikan kamar tidur Anda sejuk, gelap, dan sunyi sebelum tidur. Kondisi tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement