Senin 22 Jun 2020 00:42 WIB

Gitar Kurt Cobain Terjual Hingga 6 Juta Dolar AS

Ini adalah rekor terbaru dalam pelelangan barang-barang milik musisi ternama dunia.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.
Foto: Time.com
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Gitar ikonik milik Kurt Cobain, mantan vokalis Nirvana saat tampil di MTV Unplugged terjual dalam pelelangan senilai hingga 6 juta dolar AS. Ini adalah rekor terbaru dalam pelelangan barang-barang milik musisi ternama dunia, yang sebelumnya diraih dari Black Stratocaster milik David Gilmour, vokalis dan gitaris Pink Floyd.

Gitar Martin D-18E 1959 dibeli oleh Cobain pertama kali di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) dan kemudian dimodifikasi untuk digunakan dengan tangan kiri karena vokalis Nirvana tersebt kidal. Tawaran pra-lelang mencapai 1 juta dolar AS hingga penawaran resmi dibuka pada Sabtu (20/6) kemarin.

Baca Juga

Secara total ada tujuh penawaran dalam lelang gitar milik Cobain, termasuk tawaran yang menang, yaitu senilai 6.010.000 dolar AS di situs lelang Julien. Gitar milik pria yang lahir pada 20 Februari 1967 itu terlihat unik, dengan adanya case hard-sell yang dihiasi dengan selebaran Poison Idea Feel the Darkness, album milik Nirvana yang rilis pada 1990.

"Gitar penting ini telah mendapatkan tempat yang tepat dalam sejarah  rock & roll sebagai instrumen yang dimainkan oleh salah satu musisi dan ikon rock paling berpengaruh di salah satu pertunjukan live terbesar dan paling berkesan sepanjang masa," Darren Julien, presiden dan CEO dari rumah lelang dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir The Rolling Stone, Ahad (21/6).

Selain gitar milik Cobain, beberapa barang legendaris dari Nirvana saat tampil di MTV Unplugged juga dilelang melalui Lelang Julien. Termasuk barang lainnya adalah lirik tulisan tangan  Curt Kirkwood ke Meat Puppets '“Oh, Me,” setlist yang diketik dari pertunjukan legendaris, lirik yang diketik untuk David Bowie “The Man Who Sold" dan "Lake of Fire".

Tak ketinggalan ada sepucuk surat untuk Cobain dari manajemen Nirvana yang dikirim sembilan hari sebelum pertunjukkan band tersebut di MTV Unplugged. Surat yang menuliskan tentang lagu-lagu potensial untuk dibawakan saat pertunjukkan ini menjadi benda lainnya yang dilelang.

Pada Oktober 2019. kardigan hiaju milik Cobain dalam pertunjukkan MTV Unplugged juga dijual di Lelang julien seharga 334.000 dilar AS. Ini menjadi salah satu baju yang termahal dibeli melalui lelang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement