Ahad 21 Jun 2020 00:40 WIB

Perjalanan Karier Sir Ian Holm, Pemeran Bilbo Baggins

Sir Ian Holm yang menjadi pemeran Bilbo Baggins di Lord of the Rings wafat.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Sir Ian Holm, pemeran Bilbo Baggins di Lord of the Rings, wafat dalam usia 88 tahun.
Foto: EPA
Sir Ian Holm, pemeran Bilbo Baggins di Lord of the Rings, wafat dalam usia 88 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor pemeran Bilbo Baggins dalam film The Lord of The Rings, Sir Ian Holm telah meninggal dunia. Dia wafat dalam usia 88 tahun.

"Dengan sangat sedih kami dapat mengkonfirmasi bahwa aktor Sir Ian Holm CBE meninggal pagi ini pada usia 88," kata agennya dalam sebuah pernyataan, dilansir laman BBC, Sabtu (20/6).

Baca Juga

Penyataan itu juga mengumumkan bahwa aktor itu meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit bersama dengan keluarga dan perawatnya. Agennya pun menegaskan, penyebab meninggal dunia adalah penyakit yang berhubungan dengan Parkinson.

Ian merupakan aktor kawakan asal Inggris yang pernah dinominasikan Oscar sebagai pelatih lari Olimpiade, Sam Mussabini di film Chariots of Fire. Dia juga pernah memainkan Ash android di film fiksi sains Alien pada 1979 silam.

Ian yang juga berperan sebagai Dr Willis pada film The Madness of King George adalah aktor dilatih secara klasik dan dipentaskan dalam berbagai pertunjukan yang mengesankan. The National Theatre mengingatnya sebagai "aktor luar biasa"," merujuk pada penampilannya sebagai King Lear pada tahun 1997 silam.

Kepergiannya menimbulkan duka pada sejumlah aktor yang mengenalnya. Beberapa aktor mengunggah kabar duka dan kenangan mereka dengan Ian.

Samuel West, yang merupakan anak dari Timothy yang berperan sebagai Gloucester dalam film King Lear, mengenang sosok Ian di Twitter. Dia menyebut semua anggota pemeran yang tua, diminta untuk menumbuhkan jenggot.

West mengatakan, ketika para aktor datang bersama untuk membaca ulang dalam proses produksi, dia mengingat sesuatu. “(Sutradara) Richard Eyre mengatakan itu tampak seperti konvensi taman gnome,” tulis dia.

Ian memulai kariernya sebagai aktor dengan memerankan Lenny dalam film The Homecoming pada 1965.  Dia lalu mengulang penampilannya di film delapan tahun kemudian.

Namun, karier panggungnya tertunda sejenak setelah ia mengalami demam panggung akut selama produksi The Iceman Cometh pada tahun 1976. Dia kemudian lebih banyak bekerja di film, menyusul keterlibatannya dalam film-film terkenal, seperti The Fifth Element dan seri Lord of the Rings.

Selain menerima nominasi aktor pendukung terbaik di Oscar pada film Chariots of Fire pada 1981, film yang sama juga memenangkannya Bafta, seperti halnya kinerja pendukungnya di The Bofors Gun pada tahun 1968.

Ian memerankan Bilbo dalam film Lord of the Rings karya Peter Jackson, setelah memainkan Frodo Baggins untuk radio BBC pada tahun 1981. Kecil dalam perawakannya, ia juga berperan sebagai Pod dalam serial anak-anak The Borrowers (1992).

"Aku tidak pernah menjadi tokoh yang sama dua kali, dan aku bukan tipe bintang film, jadi orang tidak menuntut aku selalu sama,” katanya kepada Los Angeles Times pada 2000 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement