Selasa 12 May 2020 20:27 WIB

Perpisahan Mark Hamill dengan 'Star Wars'

Hamill mengucapkan selamat tinggal dengan karakter Luke Skywalker yang ia perankan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
 Mark Hamill mengucapkan selamat tinggal dengan karakter Luke Skywalker yang ia perankan di 'Star Wars' (Foto: aktor Mark Hamill)
Foto: AP
Mark Hamill mengucapkan selamat tinggal dengan karakter Luke Skywalker yang ia perankan di 'Star Wars' (Foto: aktor Mark Hamill)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama kariernya, aktor Mark Hamill identik dengan karakter Luke Skywalker 'Star Wars'. Bisa dibilang itulah karakter pertama yang turut membawanya membintangi film penting lainnya.

Debut 1977 Star Wars telah mengubah dirinya dari aktor opera menjadi superstar. Namun kali ini ia harus pensiun dari salah satu waralaba terlaris.

Baca Juga

Aktor veteran itu mengucapkan selamat tinggal pada karakter Luke Skywalker, tetapi tetap optimistis dengan kesuksesan film ke depannya. Dia tidak mempertimbangkan untuk bermain kembali di franchise berikutnya.

"Saya punya awal, tengah, dan akhir. Film-film itu memberi saya jauh lebih banyak daripada yang saya harapkan ketika kami memulai sehingga tidak pernah terpikir oleh saya. Perpisahan saya ada di Episode IX dan itu pahit," ujarnya kepada entertainment weekly, dikutip Selasa (12/5). 

Dia mengaku menyukai semua kru yang terlibat selama ini dan tentu saja akan rindu dengan karakter yang melekat padanya. Aktor 68 tahun itu berterimakasih atas apa yang telah ia capai namun tidak ingin serakah.  Itu karena masih ada begitu banyak kisah untuk diceritakan.

"Mereka tidak membutuhkan saya," ungkapnya.

Meski sudah pensiun, Hamill tetap mengikuti perkembangan film. Dia berpendapat soal evolusi waralaba dengan seri Disney+ 'The Mandalorian' adalah ide yang cerdas.

"Saya pikir ada keuntungan luar biasa pada The Mandalorian dalam hal ekonomis. Mereka tidak memiliki beban untuk memberikan ekstravaganza efek khusus raksasa seperti yang harus dilakukan film. Itu semacam kembali ke dasar-dasar George membayangkannya sebagai orang barat di ruang angkasa," tambahnya.

Pemain film 'The Kingsman: The Secret Service' itu mengaku terkesan dengan langkah yang sangat cerdas yang dibuat seperti film-film superhero. 'The Mandalorian', menurutnya dapat lebih berkonsentrasi pada karakter dan cerita. 

"Saya pikir ini sangat baik," ujarnya.

Proyek terbaru Hamill akan menjadk bintang tamu di FX's What We Do in the Shadows sebagai vampir kuno. Ini menjadi pertama kalinya Hamill memerankan sisi gelap seorang vampir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement