Senin 20 Apr 2020 13:12 WIB

Titiek Puspa: Saya itu Gudang Penyakit

Titiek Puspa: Saya itu Gudang Penyakit

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Titiek Puspa.
Titiek Puspa.

VIVA – Aktris senior Titiek Puspa masih terlihat bugar di 82 tahun. Namun siapa sangka, Titiek rupanya sering mengalami sakit. Hal itu dialami sejak kecil. Bahkan Titiek sampai mengganti namanya tiga kali, sesuai mitos orang zaman dahulu.

"Kalau mau tau Saya itu gudang penyakit, tetapi saya tahu, Tuhan memberikan sesuatu ada maunya, beliau mengininkan saya hidup walau banyak penyakit ya pergi lagi," kata Titiek dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

"Dari kecil aja nama saya diganti 3 kali, sakit, Adarwati, diganti Sudarwati sakit lagi, diganti Sumarti sakit lagi. Wis sakit-sakit terus, terus saya bikin Titiek Puspa aja," katanya melanjutkan.

Penyakit belum berhenti menghampiri dirinya. Di usia 73 tahun Titiek Puspa didiagnosis kanker serviks. Saat pertama kali diberi tahu hal tersebut, Titiek tidak terkejut. Hal itu karena banyak anggota keluarganya mengalami kanker.

 

"Enggak apa-apa karena bapak saya cancer, sudah meninggal umurnya 60an. Kakak saya nomer satu cancer, mula-mula kakak saya nomer 3, empat (orang) ini cancer semua, sudah ke surga semua karena cancer," ujar Titiek.

Titiek kemudian menjalani pengobatan. Ia merasa tidak mengalami kemajuan saat menjalani pengobatan medis. Titiek mendapat rekomendasi untuk mengikuti meditasi. Setelah beberapa lama mengikuti meditasi tersebut, Titiek sembuh dan sempat tak percaya.

"Sembuh dari Hongkong, bagaimana bisa sembuh? Saya raba-raba tidak ada yang sakit, tidak ada yang luka," kata Titiek Puspa.

Ia membuktikan hal itu dengan memeriksakan diri ke rumah sakit di Singapura. Hasilnya, Titiek dinyatakan sembuh dari kanker. Dokter di sana sama terkejutnya dengan Titiek saat tahu pertama kali. Sembuh dari kanker, setahun terakhir, Titiek mengalami sakit jantung. 

"Satu tahun yang lalu kena jantung, sesak nafas, pakai pacu jantung, saya operasi tapi enggak mau jantungnya diapa-apain, jadi penuh dengan asam urat, darah tinggi, kolesterol, saya tahu jadi mengatur makan saya, tidak boleh kacang-kacangan, daging," katanya.

Baca juga: Kanker di Usia 73, Titiek Puspa Sempat Pasrah: Tuhan, Ambil Aja Saya?

Beberapa bulan terakhir, Titiek Puspa mengalami alergi obat. Badannya saat itu mengalami gatal-gatal. Ia juga mengaku masih mengalami sakit pada bagian dengkulnya.

"Badan saya banyak cing-cong, cuma saya terima aja, dia cing-cong aku cing-cing," ujarnya lalu tertawa.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement