Jumat 17 Apr 2020 03:04 WIB

Trik Memakai Masker tanpa Membuat Kacamata Berembun

Orang kerap mendapati kacamatanya berembun ketika memakai masker.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Orang berkacamata kerap mendapati alat bantu penglihatannya berembun ketika menggunakan masker.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Orang berkacamata kerap mendapati alat bantu penglihatannya berembun ketika menggunakan masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna mencegah penyebaran Covid-19, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan semua orang untuk mengenakan masker jika keluar dari rumah. Namun, saran ini tampaknya menimbulkan masalah baru bagi pengguna kacamata.

Embusan napas yang keluar melalui bagian atas masker tak pelak membuat kacamata berembun. Tentu sangat menggangu bukan? Nah, untuk mengatasinya, berikut beberapa trik sederhana seperti dilansir laman Huffington Post, Kamis (16/4).

Baca Juga

1. Cuci lensa dengan air sabun

Sebuah studi melaporkan, seorang dokter yang mencuci kacamatanya dengan air sabun mampu menyelesaikan operasi tanpa terganggu embun akibat pemakaian masker. Studi itu dimuat dalam jurnal medis The Royal College of Surgeons of England pada 2011.

Cara mencucinya pun cukup gampil, yakni cuci atau semprot lensa kacamata dengan air sabun, lalu tiriskan air yang menempel di lensa hingga kering secara alami.

Anda juga bisa mengelapnya dengan menggunakan tisu lembut hingga kering. Kacamata pun siap dikenakan.

Sayangnya, metode ini tidak akan bertahan sepanjang hari. Namun, setidaknya lapisan tipis surfaktan dari sabun bisa membuat kacamata tidak berembun selama beberapa jam.

2. Lipat bagian atas masker

Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo, Jepang, menyarankan untuk sedikit melipat bagian atas masker demi menambah ruang bagi pernapasan agar tidak langsung mengarah ke mata. Dengan cara ini embusan napas diyakini tidak membuat kacamata berembun.

Namun, kekurangannya, metode ini akan mengurangi ukuran masker. Karena itu, yang terpenting, pastikan masker tetap bisa melindungi bagian mulut dan hidung ya! Di samping itu, cara ini juga tidak berlaku untuk masker bedah yang memiliki kawat di bagian hidung.

3. Tambahkan tisu

Setelah melipat bagian atas masker, Anda juga bisa menambahkan tisu pada bagian lipatan tersebut. Tisu dilipat persegi panjang, kemudian tempelkan tepat dilipatan bagian atas masker. Tisu dipercaya bisa membantu menyerap kelembapan dari embusan napas dan menghalangi kondensasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement