Rabu 15 Apr 2020 16:13 WIB

Giring Salurkan Donasi Hasil Penggalangan Dana

Musisi Giring Ganesha menggalang dana untuk meringankan beban perawat Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Giring Ganesha saat melakukan wawancara jarak jauh via aplikasi Zoom bersama awak media, Selasa (14/4). Giring telah menggalang dana untuk meringankan beban perawat Covid-19.
Foto: Tangkapan layar
Giring Ganesha saat melakukan wawancara jarak jauh via aplikasi Zoom bersama awak media, Selasa (14/4). Giring telah menggalang dana untuk meringankan beban perawat Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Giring Ganesha menggalang dana untuk meringankan beban para perawat yang bekerja keras melawan pandemi virus corona. Melalui situs urun dana kitabisa.com, Giring dan tim #NgamenSolidaritas menghimpun donasi dari masyarakat.

"Per hari ini sudah terkumpul Rp 214 juta. Sebagian sudah dibagikan ke rumah sakit dalam bentuk alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan, dan multivitamin ke sejumlah rumah sakit," kata Giring saat berbincang dengan awak media, Selasa (14/4).

Baca Juga

Donasi disalurkan kepada para perawat di rumah sakit rujukan corona, yaitu RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan, dan RSUP Fatmawati Jakarta. Bantuan juga diberikan kepada para petugas kebersihan, satpam, dan supir ambulans.

Giring mengamen tiga malam berturut-turut untuk mengumpulkan sumbangan. Dia bermusik dari kediamannya pada Jumat-Ahad (20/3-22/3) yang bisa disimak warganet secara live lewat akun Instagram pribadinya.

Mantan vokalis grup musik Nidji itu sangat bersyukur dengan kepedulian masyarakat yang sangat besar. Sumbangan yang terhimpun jauh melampaui target awal Rp 100 juta. Giring menyebut Indonesia sebagai negara yang suka berdonasi.

Pria 36 tahun kelahiran Jakarta itu tetap mengingatkan masyarakat Indonesia untuk mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah. Menurut Giring, PSBB adalah salah satu cara efektif mengurangi penularan Covid-19.

Tantangan terberat di tengah pandemi menurut Giring adalah dampaknya pada ekonomi. Sebagai pengusaha, Giring juga merasakan hal tersebut. Dia berharap pemerintah membuat kebijakan tepat supaya roda ekonomi bisa tetap berjalan..

"Harus berpikir keras, bahu-membahu saling membantu. Ini yang terus saya lakukan, kasih semangat ke teman-teman. Jujur aja ini semua akan sangat-sangat berat, tapi tetap semangat. Yakin bisa melewati ini semua," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement