Senin 06 Apr 2020 18:45 WIB

Desainer Diana Rikasari Ciptakan Masker Unik

Diana menciptakan masker khusus pengguna kacamata sehingga nyaman dipakai.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Desainer Diana Rikasari ciptakan masker unik untuk pengguna kacamata (Foto: desainer, Diana Rikasari)
Foto: Instagram @dianarikasari
Desainer Diana Rikasari ciptakan masker unik untuk pengguna kacamata (Foto: desainer, Diana Rikasari)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anjuran memakai masker saat keluar rumah di tengah pandemik virus Covid-19 justru menjadi inspirasi bagi desainer Diana Rikasari. Bila banyak do it yourself membuat masker kain, Diana justru mengemasnya dengan sangat unik.

Diana menciptakan masker yang nyaman dikenakan bagi orang berkacamata. Pasalnya, masker tak hanya berfungsi untuk melindungi diri, tetapi juga harus membuat nyaman pemakainya.

Baca Juga

“Idenya muncul tiba-tiba,” kata Diana kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu saat diwawancara secara daring.

Awalnya, dia melihat suami mengenakan masker dan kacamata secara berbarengan. Menurut dia, penampilan itu sangat merepotkan karena ada tali dan tangkai kaca mata.

“Jadi, kepikiran, kenapa enggak dibikin lebih praktis,” ujar desainer yang tinggal di Swiss itu.

Diana mengatakan, proses pembuatan masker yang diberi nama Stapless Mask itu sangat mudah dan cepat. Ide pembuatan sudah jelas sehingga mudah membuatnya.

photo
Masker kain karya desainer Diana Rikasari untuk orang berkacamata - (Instagram @dianarikasari)

Diana membagikan bentuk potongan kain untuk membuat Stapless Mask dalam unggahan di Instagram pribadinya. Hal itu termasuk bahan yang hanya menggunakan kain katun.

Terkait ukuran, Diana mengakui memang cukup tricky karena harus menyesuaikan ukuran kepala dan model kacamata. Untuk keperluan sehari-hari, menurut dia, Stapless Mask mampu menutupi hidung dan mulut dengan baik secara nyaman.

Meskipun menginspispirasi banyak orang, penulis buku 88LoveLife itu belum ada ide mematenkan Stapless Mask yang merupakan inovasi pribadinya. Padahal, ada beberapa komentar di dalam laman Instagram yang memintanya untuk mematenkan desain masker bagi pengguna kacamata tersebut.

“Aku hanya berharap karya-karya yang share di Instagram lebih bisa menginspirasi orang untuk berkreasi sendiri di rumah, think out of the box, dan bisa menggunakan bahan-bahan di sekitar kita,” kata Diana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement