Senin 10 Feb 2020 17:21 WIB

Karir Bong Joon-ho di Industri Film Korea

Tak hanya sebagai sutradara, Bong Joon-ho juga dikenal sebagai penulis naskah film.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Sutradara asal Korea Selatan, Bong Joon-ho, mendapat kehormatan menerima piala Oscar 2020 pada ajang 92nd Academy Awards.
Foto: Wikimedia
Sutradara asal Korea Selatan, Bong Joon-ho, mendapat kehormatan menerima piala Oscar 2020 pada ajang 92nd Academy Awards.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sutradara asal Korea Selatan, Bong Joon-ho, mendapat kehormatan menerima piala Oscar 2020 pada ajang 92nd Academy Awards. Joon-ho meraih gelar Sutradara terbaik pada ajang yang diadakan di Dolby Theater, Los Angeles, pada Senin (10/2).

Kemenangan ini sekaligus menggeser tren pemenang sutradara terbaik yang sebelumnya diraih oleh sineas film Hollywood. Pada tahun ini melalui Parasite, Joon-ho mengalahkan beberapa kandidat sutradara lainnya, seperti Quentin Tarantino yang mengarahkan Once Upon a Time in.. Hollywood, Todd Phillips yang mengarahkan film Joker, Martin Scorsese yang mengarahkan The Irishman, dan Sam Mendes, yang mengarahkan film 1917.

Baca Juga

Keahliannya dalam mengarahkan film yang juga menjadi peraih Best Picture atau film terbaik pada ajang ini, membuat Bong Joon-ho menjadi peraih sutradara terbaik. Film Parasite, juga meraih penghargaan lainnya, seperti Film Internasional terbaik, dan Film dengan Naskah Asli Terbaik

Bong Joon-Ho lahir pada 14 September 1969 di Daegu, Korea Selatan. Tak hanya membuat film Parasite, Joon-ho juga telah membuat beberapa karya film epik, seperti Memories of Murder (2003), Snowpiercer (2013), dan Okja (2017).

Tak hanya berperan sebagai sutradara, beberapa kali dia juga pernah menjadi penulis naskah pada film-film yang diproduksi di Korea Selatan. Parasite, merupakan salah satu naskah yang dia buat bersama dengan Han Jin-won. Beberapa film yang ia tulis naskahnya adalah Okja (2017), Sea Fog (2014), Snowpiercer (2013, dan Influenza (2004).

Selanjutnya, dia juga pernah berperan sebagai tokoh di beberapa film di Korea Selatan. Di antaranya adalah Doomsday Book (2012), Crush and Blush (2008), dan Incoherence (1994).

Dalam beberapa film arahannya, Joon-ho kerap menampilkan beberapa hal yang menjadi cirinya dalam mengarahkan film. Salah satunya adalah dia kerap memberikan adegan-adegan dengan pengambilan gambar yang lama dengan banyak kejadian yang tertangkap oleh kamera.

Selain itu, dia juga kerap menampilkan subjek-subjek yang amat kuat, yang kerap dikemas dengan humor yang gelap. Hal ini sangat menonjol pada filmnya yang berjudul Parasite.

Sementara, film Parasite sendiri telah menjadi favorit para kritikus film dan para audiens serta juri penghargaan. Oleh karenanya, film ini juga menyabet beberapa penghargaan lain, seperti Palme d’Or pada Festival Film Cannes.

Pada ajang Golden Globes 2020, film Parasite juga meraih penghargaan sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik-Film Terbaik. Pada British Academy Film Awards (BAFTA) 2020, film ini juga menyabet Naskah Asli Terbaik dan Film Terbaik tak Berbahasa Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement