Jumat 31 Jan 2020 01:00 WIB

5 Cara Alami agar Sehat, Awet Muda, dan Energik

Ada cara alami yang bisa ditempuh agar tampak sehat, awet muda, dan energik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Memastikan kecukupan hidrasi tubuh dengan minum air putih bisa membantu orang menjadi lebih sehat, tampak awet muda, dan energik.
Foto: Listverse
Memastikan kecukupan hidrasi tubuh dengan minum air putih bisa membantu orang menjadi lebih sehat, tampak awet muda, dan energik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tetap sehat, awet muda, dan selalu energik adalah impian banyak orang. Untuk mencapai itu, tak sedikit yang melakukan cara instan dengan perawatan ke salon kecantikan, klinik estetika, bahkan operasi plastik.

Padahal, sebenarnya ada banyak cara alami yang bisa dilakukan secara rutin agar tetap awet muda, energik, dan sehat. Nah, apa saja caranya? Berikut 5 cara alami versi Times Now News.

Baca Juga

1. Air putih

Agar kulit selalu kencang, lebih muda, cerah dan lebih sehat, sangat penting untuk minum air putih. Hidrasi membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Rutin mengonsumsi air putih juga dapat membantu menjalankan fungsi tubuh secara efisien dan lancar, sehingga tubuh tetap muda dan sehat. Detoksifikasi tubuh dengan minum air putih dapat membantu tubuh Anda tetap awet muda.

2. Hindari merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti kanker paru-paru dan mulut serta juga dapat menyebabkan penuaan dini. Merokok juga dapat menurunkan kualitas hidup, bahkan mengurangi harapan hidup. Jadi, hindari merokok agar tetap awet muda dan sehat ya!

3. Jaga berat badan

Obesitas atau berat badan berlebih dapat menjadi faktor risiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Jadi, jika ingin tetap lebih muda dan sehat, sebaiknya jaga berat badan tetap ideal.

4. Olahraga rutin

Olahraga rutin dapat membantu membangun otot yang lebih kuat, menjauhkan risiko penyakit, dan juga dapat membuat diri lebih muda. Menurut Direktur Kinesiology di Chapman University Frank Frisch, olahraga memiliki beberapa efek luar biasa pada kesehatan mental dan fisik dan dapat membantu tubuh tetap awet muda.

5. Jaga pikiran

Selain menjaga kesehatan tubuh dan kulit, penting juga untuk menjaga pikiran tetap muda. Dalam arti, Anda harus bisa mengelola stres dengan baik dan pastikan kehidupan sosial juga mendukung itu. Melakukan meditasi maupun menghabiskan lebih banyak waktu di alam atau dengan diri sendiri juga bisa menjaga kesehatan fisik dan mental, juga terlihat muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement