Kamis 30 Jan 2020 18:24 WIB

Takut Kecewa Belanja Produk Fashion Online? Simak 9 Tips Ini

Online shopping tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan.

Belanja online
Foto: blibli
Belanja online

REPUBLIKA.CO.ID, Online shopping kini telah menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan bagi banyak orang. Di mana kini Anda bisa membeli berbagai macam produk kebutuhan Anda tanpa perlu keluar rumah, sehingga dapat dikatakan bahwa online shopping merupakan kegiatan belanja yang sangat praktis dan efisien. Berbagai macam produk kebutuhan Anda juga dapat dengan mudah Anda temukan di toko online. Tidak terkecuali dengan produk fashion.

Beraneka macam jenis fashion pria dan wanita telah tersedia secara lengkap. Blibli.com menjadi salah satu toko online yang menjual berbagai macam produk fashion yang Anda butuhkan. Agar pengalaman belanja Anda nantinya akan lebih menyenangkan, sebaiknya segera unduh aplikasi di sini dan mulai lengkapi berbagai macam produk fashion yang Anda butuhkan.

Baca Juga

Meski hadir dengan berbagai macam kelebihan, online shopping tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan. Pasalnya, Anda tidak dapat mengetahui wujud asli dari produk fashion yang akan Anda beli tersebut, bukan. Segera terdapat berbagai macam hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli produk fashion secara online.

Anda tentu tidak ingin bukan apabila produk fashion yang Anda beli jauh dari ekspektasi yang dimiliki, sehingga bukan tidak mungkin apabila aktivitas belanja Anda menjadi sia-sia dan berujung pada pemborosan. Agar tidak lagi mengalami kekecewaan dan kesalahan dalam memilih produk, simak beberapa tips di bawah ini agar belanja produk fashion secara online dapat lebih aman:

1. Pilih penjual dengan reputasi baik

Setiap toko online tentu dilengkapi dengan penilaian terhadap si penjual. Hal yang satu ini wajib menjadi pertimbangan utama Anda sebelum mulai berbelanja. Penilaian tersebut menjadi pertanda akan kualitas dari produk yang dijual pada toko tersebut. Di mana Anda wajib memiliki penjual yang dilengkapi dengan reputasi yang baik.

Dengan memilih penjual dengan reputasi yang baik, kemungkinan akan mendapatkan produk yang jauh dari ekspektasi menjadi lebih minim. Apabila Anda menemukan penjual dengan banyaknya komentar negatif dari konsumen, dapat dipastikan bahwa kinerja layanan dan kualitas produk yang dimiliki penjual tersebut tidaklah bagus, sehingga Anda wajib mencari penjual lainnya untuk mendapatkan produk dengan kualitas yang baik.

2. Perhatikan bahan yang digunakan

Saat membeli produk fashion secara langsung, Anda tentu akan langsung meraba produk tersebut untuk mengetahui bahan apa yang digunakan. Pasalnya, bahan menjadi salah satu komponen produk fashion yang menunjukkan bagus tidaknya sebuah produk. Di mana sebisa mungkin Anda tidak memilih produk fashion dengan bahan yang tidak berkualitas.

Produk dengan bahan tidak berkualitas tentu tidak akan awet dan dapat dengan mudah rusak. Saat berbelanja online, Anda pun juga wajib untuk memperhatikan bahan dari produk yang akan Anda beli.

Penjelasan mengenai bahan tersebut, seringkali tercantum pada bagian deskripsi produk. Apabila Anda menemukan deskripsi bahan dengan nama yang tidak familier, Anda bisa langsung melakukan pencarian di internet mengenai bahan tersebut sehingga Anda dapat lebih mudah dalam mengetahui bagus tidaknya bahan tersebut.

Namun, apabila bahan produk tidak tercantum pada kolom deskripsi, sebaiknya Anda langsung menanyakan pada penjual mengenai bahan dari produk tersebut. Penjual yang baik tentu akan dengan senang hati memberikan informasi perihal bahan dari produk yang dia jual.

3. Perhatikan model dalam foto

Berbelanja online tentu identik dengan foto-foto produk yang digunakan oleh para model. Semakin bagus penampilan dan kualitas foto tersebut, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli. Namun, sebaiknya Anda tidak mudah terkecoh dengan foto produk yang telah dilampirkan. Di mana sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ukuran tubuh dari sang model.

Apabila sang model memiliki tubuh yang ramping dan menggunakan baju dress cukup press body, dapat dipastikan bahwa produk tersebut lebih cocok digunakan oleh mereka yang bertubuh mungil.

Tinggi tidaknya sang model juga perlu Anda perhatikan dengan seksama. Hal tersebut akan memudahkan Anda mengetahui apakah baju tersebut juga cocok apabila nanti Anda gunakan. Untuk itu, pastikan Anda tidak mudah tergiur dengan penampilan cantik sang model saat akan membeli baju secara online, ya.

4. Jangan pilih ukuran produk secara asal

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa berbelanja online membuat Anda tidak dapat mencoba baju tersebut secara langsung. Anda pun tidak dapat memastikan dengan jelas apakah baju tersebut cukup atau tidak apabila Anda gunakan. Untuk itu, sebelum membeli baju secara online, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui ukuran tubuh secara detail. Mulai dari ukuran panjang, lebar, hingga lingkar dada yang dimiliki.

Dengan mengetahui ukuran tubuh secara mendetail, akan sangat memudahkan Anda untuk mengetahui pas tidaknya sebuah baju. Pada kolom deskripsi produk, nantinya akan ditampilkan perihal ukuran dari produk tersebut. Apabila ukuran baju tidak jauh berbeda dengan ukuran tubuh yang Anda miliki, dapat dipastikan bahwa baju tersebut cocok dan sesuai dengan ukuran Anda. Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda memilih produk dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan harus memilih ukuran yang benar-benar pas. Hal tersebut dapat mengurangi risiko mendapatkan baju dengan ukuran yang kekecilan.

5. Pilih produk dengan model yang simpel

Dalam membeli produk fashion secara online, sebisa mungkin Anda menghindari pemilihan produk dengan model baju yang sangat rumit. Pasalnya, model baju yang sangat rumit dapat menimbulkan kekecewaan bagi Anda saat produk tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi. Membeli baju dengan model yang cukup rumit sangatlah berisiko bagi Anda.

Sebaliknya, dalam berbelanja online sebaiknya Anda memilih baju dengan model yang cukup simpel. Model simpel tersebut tidak hanya memudahkan Anda dalam mengetahui setiap bagian dari baju. Sehingga membeli baju dengan model simpel dapat lebih mengurangi risiko kekecewaan yang mungkin akan Anda alami.6.

6. Jangan mudah tergiur produk harga murah

Berbelanja online tentu identik dengan banyaknya promo dan juga diskon spesial. Di mana banyak orang yang menganggap bahwa aktivitas berbelanja Anda akan lebih hemat, jika dilakukan secara online. Namun, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa sebaiknya tidak mudah tergiur dengan produk yang dijual dengan harga yang terlalu murah. Pasalnya, bukan tidak mungkin apabila produk dengan harga murah tersebut memiliki kualitas yang murahan.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam menentukan harga yang tepat, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga produk tersebut secara umum. Dengan demikian, Anda dapat lebih yakin untuk memutuskan membeli produk tersebut atau tidak. Cara lainnya yang sebaiknya Anda lakukan yakni dengan membaca kolom komentar. Dalam komentar tersebut, Anda bisa mengetahui apakah produk tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak.

7. Jangan lupa lakukan perbandingan harga

Untuk bisa mendapatkan produk dengan harga yang terbaik, sebaiknya Anda tidak lupa untuk melakukan proses perbandingan harga antara satu toko dengan toko lainnya. Proses satu ini tentu akan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan produk dengan harga yang terbaik. Namun, proses perbandingan harga ini perlu Anda lakukan dengan maksimal. Meski membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, namun akan sangat menguntungkan apabila Anda bisa mendapatkan kualitas produk yang bagus dengan harga yang lebih murah.

Namun, perlu diingat apabila pada proses perbandingan harga ini, lokasi penjual juga haus masuk dalam kriteria Anda. Pasalnya, semakin jauh lokasi penjual dari rumah Anda menunjukkan bahwa biaya ongkos kirim yang perlu dibayarkan juga semakin tinggi. Untuk itu, dalam menentukan harga, jangan lupa untuk juga memperhatikan biaya ongkos kirimnya, ya.

8. Tidak ada salahnya membeli produk lokal

Saat berbelanja online, Anda tidak hanya akan menemukan produk branded saja. Pasalnya kini telah banyak toko online yang juga dilengkapi dengan produk asli dalam negeri. Produk lokal sendiri juga banyak yang memiliki kualitas bagus. Kelebihan lainnya yakni produk lokal memiliki nilai jual yang juga lebih murah dibandingkan dengan produk branded. Hal tersebut dikarenakan produk lokal memiliki biaya antar dan pajak yang lebih kecil.

Dibandingkan dengan menggunakan produk branded yang palsu, akan lebih baik jika Anda membeli produk asli dari produsen lokal. Pasalnya, produk lokal tersebut tentu memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan produk palsu atau imitasi. Sehingga berbagai macam brand produk lokal kini dapat menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi koleksi fashion yang Anda miliki.

9. Perlu diingat bahwa akurasi produk tidak akan 100 persen

Sedetail apapun deskripsi dan foto yang dilampirkan terhadap produk tersebut, dapat dipastikan bahwa kualitas produk yang nantinya akan Anda dapatkan tidak akan benar-benar persis 100 persen seperti yang Anda perkirakan. Kualitas pencahayaan dan sudut pengambilan gambar menjadi dua hal yang membuat yang membuat foto dengan aslinya dapat terlihat berbeda.

Hal satu ini terbilang sangat lumrah terjadi pada penjualan produk secara online. Anda perlu bersiap untuk mendapatkan produk fashion dengan warna yang tidak sepenuhnya sama dengan aslinya. Hal lain yang membuat produk terlihat tidak akurat juga terdapat pada model yang menggunakan produk tersebut. Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda sebaiknya mengetahui tinggi dan berat badan model untuk memastikan ukuran pasti produk tersebut.

Sembilan tips yang telah disebutkan di atas tentu perlu Anda terapkan dengan baik. Sehingga kini Anda tidak perlu lagi ragu apabila akan membeli produk fashion secara online. Selain dapat membuat Anda bisa mendapatkan produk yang tepat, pengalaman berbelanja Anda nantinya akan semakin menyenangkan dan dapat meminimalisir terjadinya kekecewaan. Hal lain yang perlu Anda ingat saat berbelanja online yakni perihal Harbolnas.

Harbolnas sendiri merupakan kepanjangan dari Hari Belanja Online Nasional. Melalui Harbolnas tersebut, merupakan momen terbaik bagi Anda yang akan berbelanja secara online. Bagaimana tidak, Harbolnas dapat membuat Anda mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya promo dan potongan harga spesial dalam momen Harbolnas tersebut. Harbolnas seringkali terjadi pada tanggal spesial dan juga momen spesial, seperti 11 November, 12 November, dan juga Tahun Baru. Untuk itu, pastikan Anda tidak pernah melewatkan Harbolnas yang diselenggarakan oleh situs online yang ada di internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement