Jumat 05 Apr 2024 14:15 WIB

Beli Gamis di Lokapasar, Apa yang Harus Diperhatikan Biar Nggak Kecele?

Selain bahannya, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat belanja abaya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pembeli memilih baju muslim yang dijual di Pusat Pasar, Medan, Sumatra Utara, Selasa (2/4/2024). Ada beberapa hal yang perlu dicermati saat belanja busana Muslimah secara online.
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Pembeli memilih baju muslim yang dijual di Pusat Pasar, Medan, Sumatra Utara, Selasa (2/4/2024). Ada beberapa hal yang perlu dicermati saat belanja busana Muslimah secara online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar busana modest Franka Soeria memberikan sejumlah tips tentang cara memilih atau membeli abaya atau gamis secara daring, yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berbusana. Abaya, gamis, atau kaftan merupakan pakaian yang populer di kalangan Muslimah saat perayaan Lebaran.

Hanya saja, ketika berbelanja di lokapasar, abaya, gamis, atau kaftan tidak bisa dilihat langsung ataupun dicoba. Kendati sekarang di salah satu marketplace sudah ada fitur yang memudahkan pengembalian produk, tentu ada usaha ekstra yang harus dilakukan.

Baca Juga

Di samping mencermati testimoni dari pembeli terdahulu, apa yang bisa dilakukan agar tidak kecewa saat belanja abaya secara online? Berikut beberapa tips penting cara memilih abaya atau gamis secara daring dari Franka:

1. Pertimbangkan Panjangnya

Franka mengingatkan pentingnya memperhatikan panjang busana Muslimah yang hendak dibeli. Dia menyarankan untuk memastikan gaunnya tidak terlalu pendek, terutama ketika dipakai dengan sepatu hak tinggi.

Pengukuran panjang busana harus dimulai dari bahu hingga bagian bawah. Dengan begitu, pengguna dapat memastikan abaya sesuai dengan tinggi badan dan gaya berjalannya.

"Jadi kita tentuin tuh dari awal gamisnya itu mau dipakai apa, pakai heels atau enggak gitu ya," kata Franka kepada Republika.co.id, Kamis (4/4/2024)

2. Perhatikan Model Lengan

Model lengan gamis juga perlu dipertimbangkan. Untuk abaya sehari-hari, Franka merekomendasikan lengan yang lebih ramping dan pas di badan. Namun, untuk acara formal atau mewah, lengan yang lebih lebar dapat memberikan kesan elegan dan anggun, cocok untuk kegiatan seperti halalbihalal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement