Jumat 29 Sep 2023 22:51 WIB

Sering Zonk Saat Belanja Online? Simak Tips Aman Berikut Ini

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengalaman berbelanja daring aman.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Belanja online (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar belanja online Anda aman.
Foto: Mgrol101
Belanja online (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar belanja online Anda aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berbelanja online atau daring, pernahkah kamu mengalami kejadian tak mengenakkan? Entah barang yang diterima tidak sesuai dengan gambarnya, ukura tidak pas, atau masalah lainnya.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, founder GabaG, Gabriella Rayana Lengkong, mengingatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengalaman berbelanja daring tetap aman, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

Baca Juga

1. Riset produk

Gabriella mengatakan dalam rangka memenuhi kebutuhan atau perlengkapan untuk menyusui misalnya, berbelanja online dapat menjadi pilihan yang praktis bagi para ibu. Dalam hal ini Gabriella menyarankan untuk melakukan riset tentang produk-produk yang diperlukan, seperti pompa ASI, kantong ASI, cooler bag, atau aksesori lainnya.

 

"Baca ulasan dari pengguna sebelumnya untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang kualitas dan kecocokan produk," ujarnya kepada Republika.co.id, Jumat (29/9/2023).

2. Bandingkan harga

Bandingkan harga produk di berbagai situs web atau platform e-commerce. Jangan lupa memeriksa diskon atau penawaran khusus yang mungkin sedang berlangsung.

3. Baca deskripsi dengan teliti

Pastikan Anda bisa membaca deskripsi produk secara rinci, termasuk ukuran, bahan, fitur, dan kelengkapan yang disertakan. Pastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan.

4. Pilih produk yang sudah terpercaya

Terkadang, harga yang murah memang menggoda yang menggiurkan ya. Tapi hati-hati, karena hal yang paling penting justru memerhatikan penjual atau toko online yang terpercaya dan memiliki ulasan positif.

"Hindari penjual yang tampak mencurigakan dengan menawarkan harga yang sangat murah, apalagi memiliki banyak ulasan negatif," ujarnya.

5. Periksa kebijakan pengembalian

Pastikan Anda memahami kebijakan pengembalian barang dari situs web atau penjual. Ini penting jika Anda perlu mengembalikan atau menukar barang yang tidak sesuai atau rusak.

6. Manfaatkan dalam program diskon

Beberapa situs web e-commerce menawarkan program diskon atau penghargaan bagi pelanggan tetap. Mungkin Anda bisa menghemat lebih banyak dengan berlangganan newsletter atau program loyalitas.

7. Baca syarat dan ketentuan

Teliti syarat dan ketentuan transaksi, termasuk biaya pengiriman, waktu pengiriman dan pajak yang mungkin dikenakan. Juga, periksa apakah ada garansi atau jaminan untuk produk tersebut.

Jika diperlukan, jangan lupa simpan bukti transaksi dan konfirmasi pembelian, jika diperlukan unboxing atau buat video rekaman saat membuka kemasan produk baru untuk membuktikan produk yang diterima sudah sesuai atau belum. Upaya ini bisa membantu jika ada masalah dengan pesanan Anda nantinya. Dengan memperhatikan beberapa kiat di atas, harapannya para ibu bisa melakukan pembelian online yang bijaksana dan efisien untuk memenuhi kebutuhan.

GabaG Indonesia, jenama produk cooler bag dan tas untuk anak, mengumumkan peluncuran resmi situs web baru https://www.gabag-indonesia.com. Situs yang diperbarui ini dirancang untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan lebih nyaman kepada pelanggan yang mencari produk ibu hamil dan menyusui.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement