Kamis 09 Jan 2020 13:58 WIB

Robby Purba Sulit Dalami Karakter Kucing Jahat

Robby menjadi 'dubber' dalam film animasi "Titus-Mystery of The Enygma'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Pembawa acara Robby Caesar Titian Surya Purba atau yang lebih dikenal Robby Purba menjadi bagian dari film animasi karya anak bangsa Titus - Mystery of The Enygma (Robby Purba)
Foto: MGROL 41
Pembawa acara Robby Caesar Titian Surya Purba atau yang lebih dikenal Robby Purba menjadi bagian dari film animasi karya anak bangsa Titus - Mystery of The Enygma (Robby Purba)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembawa acara Robby Caesar Titian Surya Purba atau yang lebih dikenal Robby Purba menjadi bagian dari film animasi karya anak bangsa Titus - Mystery of The Enygma. Robby menjadi pengisi suara karakter kucing jahat bernama Bulpan.

Meskipun terbiasa menjadi pembawa acara dan penyiar radio, rupanya mengisi suara untuk film adalah hal berbeda. Pria berusia 33 tahun itu mengaku ada tantangan tersendiri menjadi pengisi suara untuk sebuah karakter di film.

Baca Juga

“Menjadi host siaran itu hal yang berbeda dengan dubbing. Dubbing itu soal memerankan suara berbeda, sulit,” kata Robby dalam konferensi pers Gala Premiere film 'Titus-Mystery of The Enygma' di XXI Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Apalagi, pria kelahiran Bandar Lampung itu harus memerankan karakter kucing jahat yang merampok harta penduduk Kota Steamburg. Padahal, kucing selalu identik dengan hewan lucu dan gemas.

“Sulit sekali untuk berusaha memerankan itu, kucing kan hewan lucu, jadi harus mendalami karakter suara jahat,” ujar dia.

Ada hal menarik selama proses dubbing karakter Bulpan. Saat awal perekaman suara, Robby sedang mengalami radang tenggorokan, sehingga suaranya lebih berat dan serak. Namun di tengah-tengah proses perekaman, suara asli Robby kembali seperti semula. Karena itu, dia harus mengubah sedikit suaranya agar tetap berat selama proses perekaman hingga selesai.

“Ini belum sering dubbing, mungkin kalau sudah 50 film baru terbiasa,” ujar dia.

Selain kesulitan mendalami peran di awal, Robby mengatakan ada proses re-take untuk menyamakan gerak bibir dengan mimik karakter Bulpan. Robby mengakui memang tidak mungkin menyamakan 100 persen antara gerak bibir dan mimik, karena dasarnya film Titus menggunakan bahasa Inggris. Karena itu, pengambilan suara untuk karakter film memberi tantangan tersendiri.

"Yang penting bibir sama mimik sama, caur banget ngubahnya," kata Robby.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement