Selasa 07 Jan 2020 05:01 WIB

Enam Manfaat Cuka Apel Bagi Kulit

Cuka apel memiliki manfaat untuk kulit dan tubuh.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Penelitian menunjukkan cuka sari apel dapat membantu mengatasi masalah jamur di kulit (Ilustrasi cuka apel)
Foto: Pxhere

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari perawatan rambut hingga meja yang kotor, hampir semua masalah kehidupan dapat diselesaikan dengan cuka sari apel. Cuka apel bahkan memiliki manfaat untuk kulit dan tubuh.

Berikut enam manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan terapi cuka sari apel, dilansir di Mindbodygreen, Selasa (7/1).

Infeksi jamur

Jamur biasanya hidup di kulit, tetapi ia dapat menyebabkan masalah jika tumbuh terlalu besar. Banyak kasus disebabkan oleh Candida albicans, jamur yang dikenal menyebabkan infeksi kulit yang sangat gatal. Gejala lain termasuk kulit menebal, kemerahan, dan iritasi.

Penelitian menunjukkan cuka sari apel dapat membantu mengatasi masalah jamur di kulit. Dalam sebuah studi 2018, para ilmuwan menemukan bahwa cuka dapat menghambat pertumbuhan C. albicans dalam cawan petri. Ia bekerja dengan menghancurkan struktur sel jamur, bersama dengan enzim tertentu yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup.

Jerawat tubuh

Coba tambahkan cuka sari apel ke bak mandi untuk mengatasi jerawat tubuh. Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang kuat yang dapat bekerja melawan Propionibacterium acnes, bakteri yang sering menyebabkan berjerawat.

Menurut Kate Denniston, N.D., seorang dokter naturopati berlisensi dan pendiri Los Angeles Integrative Health, cuka sari apel juga dapat mengatasi jerawat dengan menyeimbangkan pH kulit Anda.

Efek cuka apel pada pH juga dapat membantu pertahanan alami kulit Anda.  Biasanya, keringat kita mengandung molekul antimikroba yang disebut dermicidin dan nitrit. Tetapi menurut sebuah studi tahun 2017, aktivitas mereka menurun dengan meningkatnya pH kulit. Dengan mencampurkan cuka sari apel ke dalam bak mandi, Anda dapat menurunkan pH kulit dan mempermudah dermicidin dan nitrit untuk melakukan hal tersebut.

Eksim

Jika Anda memiliki eksim, kekuatan penyeimbang pH dari cuka sari apel dapat dimasukkan dalam rutinitas perawatan diri Anda. Itu karena eksim, seperti jerawat tubuh, dikaitkan dengan peningkatan pH kulit.

Dibutuhkan pH asam (rendah) tidak hanya untuk melindungi terhadap bakteri tetapi juga untuk mempertahankan kelembaban. Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa orang-orang dengan eksim cenderung memiliki tingkat pH kulit yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

photo
Cuka Apel (Ilustrasi)

Selain itu, pada orang yang memiliki eksim, lesi kulit biasanya memiliki pH lebih tinggi daripada kulit yang tidak terpengaruh. Studi telah menunjukkan bahwa menurunkan pH mengurangi respon inflamasi TH2 dan mempercepat pemulihan fungsi sawar, keduanya merupakan pendorong utama dalam eksim.

Secara teoritis, cuka sari apel dapat membantu menenangkan eksim dengan menurunkan pH kulit. Dan sementara para ilmuwan belum secara khusus mengujinya, Asosiasi Eksim Nasional mengatakan ini memiliki potensi. Mandi cuka sari apel mungkin apa yang Anda butuhkan untuk mengendalikan eksem secara alami.

Bau badan

Bau badan mungkin memalukan, tetapi itu terjadi pada kita semua. Hal ini karena adanya bakteri di kulit Anda, seperti Corynebacterium striatum dan Staphylococcus haemolyticus. Ketika keringat bercampur dengan mikroba ini, hasilnya adalah bau yang sangat menyengat.

Sebagai antibakteri alami, cuka apel ini dapat mencegah mikroba penyebab bau. Selain itu, dengan menurunkan pH kulit Anda, itu bisa membuat kulit Anda menjadi lingkungan yang kurang diinginkan untuk bakteri berlebih.

Sekali lagi, manfaat ini bersifat hipotesis, karena para peneliti belum mempelajari bagaimana mandi cuka memengaruhi bau badan. Tetapi jika Anda mencari cara alami untuk menghilangkan bau badan, berendam dalam cuka sari apel yang encer bisa membantu.

Kutil

Kutil disebabkan oleh human papillomavirus, juga dikenal sebagai HPV. Beberapa orang mengobatinya dengan cuka sari apel, meskipun tidak ada penelitian mengenai kemanjurannya. Dikatakan bahwa cuka memiliki sifat antivirus yang dapat menyembuhkan kutil. Yang lain percaya cuka sari apel seperti asam salisilat, pilihan pengobatan standar yang menghilangkan kutil dari waktu ke waktu.

Namun, satu-satunya hubungan antara HPV dan cuka terlihat dalam tes skrining. Asam asetat dalam cuka mengubah lesi HPV menjadi putih, yang membuatnya lebih mudah terlihat.

Meskipun kurangnya bukti, banyak orang yang percaya cuka sari apel sebagai obat anti kutil. Cuka apel ini biasanya diencerkan dan diterapkan pada kutil atau ditambahkan ke bak mandi. Namun, Anda akan senang mengetahui bahwa kutil biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan.

Keriput tubuh

Dalam dunia serum wajah mudah untuk melupakan tentang mencegah kerutan pada tubuh. Akan tetapi, lipatan dan lipatan dapat muncul di area seperti leher dan lengan. Ini terutama terjadi jika kulit Anda memiliki pH tinggi, yang berhubungan dengan kerutan.

Masukkan sifat penyeimbang pH dari cuka sari apel. Mantel asam adalah penghalang alami pada kulit Anda yang terdiri dari minyak alami. Tapi seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi lebih basa, yang melemahkan kemampuan mantel asam kita untuk melindungi dari keriput.

Dia menambahkan bahwa mandi cuka sari apel dapat menurunkan pH kulit di seluruh tubuh, membuat kulit lebih rentan terhadap kerutan di masa depan.